Blog Kumpulan aneka hidangan makanan tradisional indonesia cara membuat masakan dengan bahan praktis sedap dalam sekejap mudah dan enak.

Thursday, September 13, 2012

Resep Membuat Kue Cucur Tradisional Mudah

Resep Membuat Kue Cucur Tradisional Mudah
Kue Cucur
Resep Membuat Kue Cucur Tradisional Mudah - Kue cucur adalah salah satu resep kue tradisional yang cukup banyak diminati masyarakat indonesia. Selain karena harganya murah rasanya juga enak, manis, gurih, empuk di tengah dan krispi di bagian pinggirnya. Resep Membuat Kue Cucur Tradisional Mudah ini sangat sederhana. cara membuat kue cucur ini juga simpel, mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Serta cara pembuatan kue cucur ini cukup di goreng saja. Jadi membuat kue ini tidak perlu repot-repot menggunakan oven atau panggangan. Hasil dari resep kue cucur berbentuk bulat dan bundar seperti bulan. Malah dulu waktu saya masih kecil saya lebih sering menyebut nama kue cucur ini menjadi kue bulan.

Bahan kue cucur :
250 gr Gula merah, sisir halus
1 sdt Kayu manis bubuk (cinnamon)
550 ml Air (Opsional : Santan agar lebih gurih)
3 lembar Daun pandan, suwir-suwir, ikat simpul
300 gr Tepung beras
50 gr Tepung terigu
½ sdt Garam
minyak untuk menggoreng

Cara Membuat Kue Cucur  :
1. Masak dalam panci : gula merah, kayu manis dan air, masukkan juga daun pandan. Setelah larut, angkat, saring, dan buang ampasnya, sisihkan hingga dingin.
2. Campur tepung beras, tepung terigu, dan garam dalam ke mangkuk lain, aduk sambil dituangi ½ bagian air gula hingga tercampur rata. Tepuk-tepuk dengan tangan selama kira-kira 25 menit,lalu  masukkan sisa air gula. Teruskan menepuk-nepuk adonan sampai adonan terasa ringan.
3. Panaskan wajan kecil di atas api sedang, masukkan 50 ml minyak goreng kedalamnya, biarkan hingga panas. Tuang kira-kira 30 ml adonan atau 1 sendok sayur adonan ke dalam wajan, biarkan matang hingga terbentuk seperti renda di sekeliling kue. 
4. Siram-siramkan minyak panas ke bagian tengah adonan, tusuk-tusuk dengan lidi agar adonan mentah yang berada di dalam mengalir ke luar. Teruskan menyiram-nyiramkan minyak ke atas kue hingga matang, angkat.  Tiriskan. Kerjakan hal yang sama hingga adonan habis.

Lama Persiapan : 10 menit
Lama Membuat : 100 menit

Tips Membuat Kue Cucur :
1. Keplok-keplok adonan atau tepuk-tepuk adonan sesuai dengan waktu yang diminta, agar adonan benar-benar bersarang bagus.
2. Gunakan wajan besi agar benar-benar panas dengan minyak, supaya adonan cepat mengembang dan tidak bantat.


Sangat mudah ya membuat kue cucur. karena Resep Membuat Kue Cucur Tradisional Mudah ini adalah salah satu kue tradisional dan jajanan tradisional yang sangat enak. Jangan lupa coba juga resep lainnya seperti resep kue muffin coklat keju enak dan juga resep lainnya resep membuat singkong keju goreng empuk lembut dan krispi.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Membuat Kue Cucur Tradisional Mudah