Blog Kumpulan aneka hidangan makanan tradisional indonesia cara membuat masakan dengan bahan praktis sedap dalam sekejap mudah dan enak.

Tuesday, December 4, 2012

Resep Cara Membuat Kue Serabi Hijau Mudah


Resep Cara Membuat Kue Serabi Hijau Mudah - Hai Sobat Onliner's kali ini TempatOnlineKu akan Membahas resep Kue Serabi Hijau, Kue serabi makan khas indonesia ini sudah terkenal. Kue ini sangat mudah ditemukan Di setiap kota di indonesia terutama di jawa. Ada banyak jenis jenis kue serabi, ada dari serabi solo, serabi banyumas, serabi bandung dan masih banyak varian dan jenis kue serabi lainnya . dan salah satunya adalah Kue Serabi hijau atau juga disebut kue serabi ijo yang dikenal di daerah bandung. Kue serabi memiliki rasa yang gurih dan empuk dibandung kue ini dihidangkan bersama saus santan gula merah khusus untuk serabi hijau.

kue serabi hijau

Membuat kue serabi hijau bandung tidak terlalu sulit. sebelum anda membuat kue serabi ada baiknya anda perhatikan hal berikut : Gunakan tepung beras, tepung terigu serta ragi yang masih baru dan bagus. Tepuk tepuk adonan agar udara bisa masuk ke dalam adonan sehingga hasil kue serabi jadi kue serabi yang dihasilkan akan memiliki tekstur pori - pori. Kesabaran adalah hal yang penting saat membuat kue serabi agar hasilnya bagus. Sebaiknya juga gunakan cetakan lebih dari 1 agar proses membuat serabi jadi lebih cepat.

Bahan Untuk membuat kue Serabi :

Tepung terigu 100g
Tepung beras 100g
Garam secukupnya
Baking powder 1 sdt
santan 600cc
air daun suji 50cc
telur 2 butir (kocok lepas)

Untuk membuat saus santan gula merahnya:

santan 500cc
gula merah 100g
gula pasir 50g
daun pandan 4 lembar

Untuk membuat biang:
Tepung terigu 50g
Ragi instan 1 sdt
Air 50cc

Proses Pembuatan Kue Serabi hijau:

Campurkan bahan biang menjadi satu, lalu diamkan selama 20 menit.
Aduk tepung betas, tepung terigu, garam, biang,  serta baking powder. Uleni sampai
adonan menjadi kalis. Tuangkan sebagian santan sambil  terus menepuk adonan.
cara membuat saus santan: campurkan bahan santan jadi satu, rebus dengan api yang kecil sampai mendidih, angkat kemudian Saring.
Adonan ditepuk samapai menjadi ringan. Tuangkan sisa santan. kemudian tuangkan kocokan telur dan danaun suji. Diamkan kurang lebih 1 jam. gunakan api kecil untuk membuat serabi
Panaskan cetakan pembuat serabi,lalu oleskan sedikit minyak, ambil satu sendok sayur adonan serabi lalu tuangkan diatas cetakan yang telah panas. Tunggu sampai permukaan serabi berpori baru kemudian ditutup.
Panggang serabi sampai semua matang. Angkat dengan mencungkil serabi dari cetakan. Serabi siap dihidangkan bersama  saus santan untuk 30.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Cara Membuat Kue Serabi Hijau Mudah