Blog Kumpulan aneka hidangan makanan tradisional indonesia cara membuat masakan dengan bahan praktis sedap dalam sekejap mudah dan enak.

Friday, September 9, 2016

Resep Dan Cara Membuat Sop Konro Khas Makasar Lezat Spesial

Resep Dan Cara Membuat Sop Konro Khas Makasar Lezat Spesial,Sop konro adalah salah satu resep masakan tradisional khas nusantara yang berasal dari Makasar,Sulawesi Selatan.Bahan utama dari sop konro menggunakan iga sapi dan dipadukan dengan bumbu rempah-rempah khas nusantara pilihan yang menjadikannya lezat dan gurih.Sop konro adalah jenis makanan yang berkuah dan agak berlemak sehingga sangat cocok ditemani dengan buras ataupun lontong,terutama lontong khas Makasar,dan tentunya semakin enak dan lezat ketika disantap.Dibawah ini kami sudah menyiapkan resep sop konro untuk anda,lengkap dengan bahan-bahannya dan cara pembuatannya yang bisa anda simak dibawah ini.
sop konro khas makassar lezat spesial
sop konro khas makassar lezat spesial

Bahan-bahan membuat Sop Konro :

Sediakan sapi iga 2 kg

Air asam jawa 5 sendok makan

Ai sebanyak 2 1/2 liter buat merebus

Cengkeh Secukupnya

Lengkuas 5 cm

Jahe 2 cm

Daun salam 5 lembar

Kayu manis 1 batang

Gula secukupnya

Kaldu bubuk secukupnya

Minyak goreng Secukupnya, untuk menumis

Garam Secukupnya

Bahan untuk Bumbu halus :

Kluwak 1 sendok makan, daging buah diambil dan rendam diair panas

Bawang merah 8 siung

Kunyit 1 sendok makan

Bawang putih 5 siung

Merica bubuk 1/2 sendok makan

Ketumbar 1 sendok makan

Bahan unutk Pelengkap :

Daun bawang Secukupnya

Jaruk nipis Secukupnya

Bawang goreng Secukupnya

Cara membuat sop konro :

1.Iga sapi yang sudah dibersihkan kita rebus dalam air 2 setengah liter, lalu kita masukkan cengkeh, jahe, lengkuas, kayu manis, daun salam, air asam jawa, dan garam, masak dan rebus iga sapi hingga benar-benar lunak.

2.Kemudian kita tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai tercium aroma sedap dan matang, lalu masukkan bumbu tumis kedalam rebusan iga sapi dan tambahkan dengan kaldu bubuk, garam, serta gula pasir, rebus dan masak sampai menyatu dengan bumbu.

3.Siapkan mangkok lalu tuangkan sop konro kedalamnya, beri irisan daun bawang diatasnya serta taburan bawang goreng, kemudian lengkapi dengan jeruk nipis dan sambal disampinya.

Demikian Resep Dan Cara Membuat Sop Konro Khas Makassar Lezat Spesial,Selain dengan buras dan lontong, sop konro juga sangat enak dinikmati dengan nasi putih yang hangat.Sajikan sop konro menurut selera yang anda inginkan.Selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Dan Cara Membuat Sop Konro Khas Makasar Lezat Spesial