Blog Kumpulan aneka hidangan makanan tradisional indonesia cara membuat masakan dengan bahan praktis sedap dalam sekejap mudah dan enak.

Friday, September 9, 2016

Resep Dan Cara Membuat Pallu Basa Makassar Lezat Praktis

Resep Dan Cara Membuat Pallu Basa Makassar Lezat Praktis,Kuliner khas makassar yang yang enak dan terkenal ternyata tidak hanya Coto Makassar ataupun sop saudara saja.Ternyata ada satu kuliner lagi yang berasal dari daerah Makassar namun tak kalah rasanya dengan coto makassar dan sop saudara,.Makanan itu bernama Pallu Basa,Dimana dalam penyajiannya Pallu basa ini agak sedikit mirip dengan coto makassar,namun ada yang sedikit membedakan yaitu adanya tambahan kelapa serta bahan pelengkap lainnya.Makanan yang merupakan salah satu kuliner khas asal Makassar ini terdiri atas beberapa bahan dasar seperti daging sapi,jantung,limpa,usus,babat,hati,air kaldu daging sapi serta aneka rempah yang membuat Pallu Basa ini rasanya sangat enak dan lezat.Walaupun Pallu Basa ini adalah masakan khas asal Makassar,tapi bukan berarti anda harus jauh jauh datang ke Makassar untuk dapat mencicipi pallu basa tersebut,karena melalui Resep Membuat Pallu Basa yang akan kami ulas kali ini,anda bisa mencoba membuatnya sendiri dirumah anda.Dan berikut ini adalah bahan dan cara membuatnya yang bisa anda lihat dibawah ini.
pallu basa makassar lezat praktis
pallu basa makassar lezat praktis

Bahan Membuat Pallu Basa :

150 gram daging sapi

150 gram usus sapi

150 gram jantung sapi

150 gram hati sapi

150 gram limpa

5 sdm minyak goreng untuk menumis

Bumbu Halus (Haluskan) :

8 buah cabe merah keriting

12 siung bawang merah

7 siung bawang putih

½ sdt jinten

1 sdm ketumbar

2 sdt garam

½ biji pala

3 cm jahe

50 gram kelapa parut, sangrai, haluskan sampai berminyak

Bahan Lainnya :

1 batang serai, di memarkan

3 cm lengkuas, di memarkan

50 ml air asam jawa

7 buah cengkih

3 cm kayumanis

1 sdt gula merah

800 ml air kaldu (diambil dari hasil rebusan daging sapi)

Bahan Pelengkap :

Telur mentah (Jika suka)

Jeruk nipis

Cara Membuat Pallu Basa :

1.Langkah pertama,rebus terlebih dahulu daging sapi dan jeroan dalam sebuah wadah terpisah hingga keduanya terlihat empuk dan matang. Kemudian ambil air kaldunya. Setelah itu potong-potong jeroan dan daging sesuai selera. Kemudian sisihkan daging dan jeroan tersebut

2.Langkah keduapanaskan minyak goreng untuk menumis bahan bumbu halus beserta serai, kayu manis, cengkih, lengkuas serta gula merah sampai matang dan tercium aroma harum. Lalu masukkan jeroan dan daging sapi sambil anda aduk rata.Setelah itu tambahkan air kaldu sapi dan masak menggunakan api takaran kecil hingga mendidih.

3.Selanjutnya,Tambahkan air asam beserta kelapa sangrai. Kemudian anda aduk kembali dan masak sampai bumbu meresap dan kuah menjadi terlihat agak kental.Setelah itu angkat dan pallu basa buatan anda siap untuk disajikan bersama bahan pelengkap seperti telur mentah (jika suka) dan jeruk nipis.

Sekian Resep Dan Cara Membuat Pallu Basa Makassar Lezat Praktis,Semoga resep pallu basa ini bisa menambah daftar kuliner nusantara anda.Selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Dan Cara Membuat Pallu Basa Makassar Lezat Praktis