Blog Kumpulan aneka hidangan makanan tradisional indonesia cara membuat masakan dengan bahan praktis sedap dalam sekejap mudah dan enak.

Friday, September 9, 2016

Resep Dan Cara Membuat Mie Titi Khas Makassar Enak Nikmat

Resep Dan Cara Membuat Mie Titi Khas Makassar Enak Nikmat,Mie Titi merupakan salah satu sajian kuliner yang juga terkenal di daerahnya terutama di daerah makaasar.Meskipun banyak orang yang jarang tahu tentang mie titi atau sering dikenal dengan mie kering ini.Namun di daerah Makassar justru mie yang ini sangat laris manis karena mempunyai rasa yang enak dan mengenyangkan perut.Dan sebagian orang banyak yang berangggapan mie ini sangat bergizi dan itu memang sangat benar karena dengan adanya bahan tambahan seperti sayuran,sosis,bakso dan berbagai macam ikan dan vegetarian membuat mie yang satu ini jadi favorit bagi masyarakat Makassar.Nah bagi anda yang juga sangat penasaran anda jangan kawatir karena kami akan bahas resepnya tentang Resep Cara Membuat Mie Titi Khas Makassar Yang Enak Nikmat:
mie titi khas makassar enak nikmat
mie titi khas makassar enak nikmat

Bahan pokok dasarnya:

100 gr hati sapi, rebus, potong dadu 1 cm

2 batang bawang daun, potong 1 cm

2 sdm tepung maizena, larutkan dalam 50 ml air

50 gr kol, potong-potong

1 buah/75 gr bawang bombay,lalu kupas,dan belah 8 bagian

200 gr fillet dada ayam, potong dadu 1 cm

100 gr sawi hijau, potong-potong

1 buah tomat, belah 6 bagian

2 batang daun seledri, potong 1 cm

2 batang/150 gr wortel, iris tipis

400 gr mi telur ukuran kecil (seperti lidi)

150 gr udang ukuran sedang, kupas

Minyak, untuk menggoreng mi dan menumis

2 lt air

6 buah bakso sapi, iris tipis

1 butir telur ayam, kocok lepas

Bumbunya:

¾ sdt paprika bubuk

½ sdt merica bubuk

8 siung bawang putih, cincang halus

1 sdt garam

Pelengkapnya:

Saus cabai botolan, siap pakai

Bawang merah goreng

Jeruk nipis

Cara Membuatnya:

1.Langkah awal seduh mi telur dalam air panas, lalu tiriskan. Kemudian bagi menjadi 6 bagian sesuai selera dan kemudian sisihkan.

2.Selanjutnya panaskan banyak minyak, kemudian goreng setiap bagian mi di atas api sedang hingga kecokelatan dan renyah, Selesai lalu angkat.lalu tiriskan,dan kemudian sisihkan.

3.Langkahnya lagi, Kuahnya: Anda rebus daging ayam bersama air di atas api kecil sekali hingga matang. Kemudian angkat ayamnya, lalu potong dadu 1 cm. Selanjutnya sisihkan kaldunya.

4.Kemudian panaskan 3 sdm minyak, lalu tumis bumbu dan bawang bombay hingga harum. Dan selanjutnya masukkan udang dan potongan ayamnya, kemudian masak hingga udang berubah warnanya Lalu tuang kaldu, Selesai, didihkan.

5.Selanjutnya masukkan hati sapi, ditambah bakso, dan kol, lalu sawi, terakhir wortel. Kemudian masak hingga sayuran layu. Dan masukkan larutan maizena, lalu aduk hingga meletup-letup.

6.Selanjutnya menjelang diangkat, anda pecahkan telur. Kemudian aduk perlahan hingga berserabut. Dan tambahkan sisa bahan. Lalu aduk sebentar, Selesai angkat.

7.Nah yang terkahir susun mi goreng di atas piring saji, dan siram dengan kuah panas. Oke sajikan disertai pelengkap.

Demikianlah Resep Dan Cara Membuat Mie Titi Khas Makassar Enak Nikmat,Mie titi ini sangat pas anda nikmati pada saat malam hari ataupun bisa dijadikan menu pengganti makan malam.Selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Dan Cara Membuat Mie Titi Khas Makassar Enak Nikmat