Blog Kumpulan aneka hidangan makanan tradisional indonesia cara membuat masakan dengan bahan praktis sedap dalam sekejap mudah dan enak.

Friday, September 16, 2016

Resep Dan Cara Membuat Kue Putri Selat Khas Kalimantan Selatan Lezat

Resep Dan Cara Membuat Kue Putri Selat Khas Kalimantan Selatan Lezat,Kue putri selat ini berasal dari pulau Kalimantan tepatnya Kalimantan Selatan,tetapi di pasar tradisional juga sudah banyak.dan di sini kami menyediakan resep kue putri selat tersebut,kue ini juga salah satu kue basah dan cara pengolahannya tergolong mudah sekali,Ciri khas kue putri selat ini terdiri dari tiga lapisan kue dengan warna hijau,cokelat,dan putih.Lapisan warna hijau berasal dari penggunaan air daun suji, warna cokelat dari gula merah,dan warna putih dari santan dan tepung beras.Penggunaan bahan santan sangat dominan,yang diperlukan untuk semua lapisan kue putri selat.Silahkan anda simak resep dan cara pembuatannya dibawah ini. 
kue putri selat khas kalimantan selatan
kue putri selat khas kalimantan selatan

BAHAN :

LAPISAN 1 (WARNA HIJAU):

225 gr tepung beras

250 gr gula pasir

75 gr tepung kanji

3/4 sdt garam

75 ml air daun suji (dari 30 lembar daun suji dan 10 lembar daun pandan)

300 ml santan hangat, dari 1/2 butir kelapa parut

450 ml santan panas, dari 1/2 butir kelapa parut

3/4 sdt garam 

LAPISAN 2 (WARNA COKELAT) :

450 ml santan panas, dari 1/2 butir kelapa parut

200 gr gula merah, sisir

25 gr gula pasir

225 gr tepung beras

75 gr tepung kanji

3/4 sdt garam

375 ml santan hangat, dari 1/2 butir kelapa parut 

LAPISAN 3 (WARNA PUTIH) :

75 gr tepung beras

25 gr tepung kanji

600 ml santan, dari 1 butir kelapa parut

1/2 sdt garam

2 lembar daun pandan 

CARA MEMBUAT :

1. Untuk Lapisan 1 (Warna Hijau) : Aduk tepung beras, tepung kanji, gula, garam, dan air daun suji. Tuang santan hangat sambil diaduk rata. Tuang santan panas, aduk rata kembali. Sisihkan.

2.Untuk Lapisan 2 (Warna Cokelat ) : Aduk santan panas, gula merah, dan gula pasir hingga larut, saring. Sisihkan. Aduk rata tepung beras, tepung kanji, garam, dan santan hangat. Tambahkan campuran santan-gula merah. Aduk rata, sisihkan.

3. Untuk Lapisan 3 (Warna Putih) : Campur rata semua bahan, masak di atas api kecil sambil diaduk hingga mengental. Angkat, sisihkan.

4. Tahap Penyelesaian : Tuang lapisan 1 ke dalam loyang persegi ukuran 24x24x7 cm yang sudah diolesi minyak dan dialasi plastik. Kukus dalam dandang panas hingga matang (+/- 20 menit).

5. Tuang lapisan 2, ratakan. Kukus hingga matang (+/- 20 menit).

6. Tuang lapisan 3, ratakan. Kukus kembali hingga matang (+/- 20 menit). Angkat. Setelah kue tidak panas lagi, potong-potong segi empat. Sajikan.

Demikian Resep Dan Cara Membuat Kue Putri Selat Khas Kalimantan Selatan Lezat,Sajikan kue putri selat ini ditengah keluarga anda pada saat santai disore hari.Selamat mencoba. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Dan Cara Membuat Kue Putri Selat Khas Kalimantan Selatan Lezat