Blog Kumpulan aneka hidangan makanan tradisional indonesia cara membuat masakan dengan bahan praktis sedap dalam sekejap mudah dan enak.

Wednesday, September 14, 2016

Resep Dan Cara Membuat Kerupuk Gendar Enak Gurih

Resep Dan Cara Membuat Kerupuk Gendar Enak Gurih,Kerupuk adalah salah satu jenis makanan ringan yang umumnya terbuat dari adonan tepung topioka yang biasanya dicampur dengan perasa ikan atau udang.Pada umumnya kerupuk yang dijual dipasaran dalam keadaan mentah dan belum digoreng, sebelum digoreg biasanya kerupuk dipanaskan dahulu di bawah terik matahari agar kerupuk terasa renyah.Kerupuk merupakan salah satu makanan yang populer di Indonesia sebagai lauk hidangan atau sebagai camilan,bahkan kadang kerupuk juga dijadikan ajang lomba ketika hari ulang tahun peringatan kemerdekaan Indonesia yaitu lomba makan kerupuk.Kerupuk memang banyak sekali variannya,tetapi yang akan saya bahas kali ini yaitu tentang cara pembuatan kerupuk gendar,atau kadang biasa disebut gendar saja.Kerupuk ini terbuat dari adonan nasi yang telah diberi bumbu rempah-rempah dan adakalanya kadang dicampur dengan bleng.Berikut resep dan cara membuat kerupuk gendar.
kerupuk gendar enak gurih
kerupuk gendar enak gurih

Bahan-Bahan:

1 ½  sendok teh garam

1 sendok teh ketumbar bubuk

2 sendok teh bawang putih bubuk

2 sendok makan air matang, untuk melarutkan

500 gram nasi putih

Terasi dan ebi secukupnya (bila diperlukan/opsional)

Cara Membuat:

1.Tahap pertama, campurkan bahan-bahan untuk membuat bumbu di dalam mangkok lalu tuangi dengan air, aduk hingga bumbu telah larut.

2.Tuangi bumbu di atas nasi, kemudian uleni hingga bumbu tercampur merata pada nasi.

3.Kukus nasi yang telah dibumbui atau dimasukkan ke dalam rice cooker, lalu tunggu hingga suara rice cooker selesai menanak nasi.

4.Aduk-aduk sesaat, diamkan selama sekitar 10 menit, supaya tanak.

5.Angkat lalu haluskan selagi masih panas. Bisa di-uleg menggunakan ulegan atau menggunakan mixer khusus (mixer joget).

6.Kenakan sarung tangan plastik, ambil 1 sendok makan adonan kerupuk.

7.Letakkan di atas plastik, lalu tutup kembali dengan plastik. Giling dengan penggiling roti hingga adonannya tipis (semakin tipis, maka kerupuk akan semakin renyah).

8.Setelah digiling dengan ketebalan sesuai keinginan, pindahkan adonan di atas tampah atau kertas 
roti.

9.Lakukan pada adonan yang tersisa.

10.Jemur hingga kering di bawah sinar matahari (bila cuaca tidak mendukung, Anda bisa memanggangnya dengan oven sampai kering (biasanya proses penjemuran memerlukan waktu beberapa hari).

11.Setelah dijemur hingga kering, goreng kerupuk pada minyak panas.

12.Angkat, lalu sajikan.

Demikian Resep Dan Cara Membuat Kerupuk Gendar Enak Gurih,Kerupuk beras atau gendar ini sangat pas untuk teman makan siang anda dan kelurga.Selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Dan Cara Membuat Kerupuk Gendar Enak Gurih