Blog Kumpulan aneka hidangan makanan tradisional indonesia cara membuat masakan dengan bahan praktis sedap dalam sekejap mudah dan enak.

Saturday, September 10, 2016

Resep Dan Cara Membuat Cakalang Garo Rica Lezat

Resep Dan Cara Membuat Cakalang Garo Rica Lezat,Masakan seafood yang pasti akan menggugah selera makan anda bersama keluarga adalah masakan cakalang garo rica rica ala manado. Nikmat dan lezatnya sajian masakan khas manado ini tentu tidak akan anda lewatkan begitu saja apalagi anda yang memang asli orang manado yang kebetulan berdomisi di luar kampung halaman, sajian masakan sedap ini akan menjadi obat kangen akan kampung halaman.Masakan cakalang garo rica rica ini menggunakan bahan utama ikan berupa ikan cakalang yang digoreng lalu dicampur bersama dengan tumisan bumbu-bumbu sedap khas masakan cakalang garo rica rica.Bagi anda yang ingin menyajikan masakan khas manado ini,ikuti resep selengkapnya berikut ini.
cakalang garo rica lezat
cakalang garo rica lezat

Bahan-bahan Resep Cakalang Garo Rica

Kemangi (ambil daunnya), 3 tangkai

Garam dapur, 1 sdt

Ikan cakalang (dipotong melintang menjadi 5 bagian), 500 gram

Minyak (untuk menggoreng), secukupnya

Perasan air jeruk nipis, 1 buah

Bumbu Cakalang Garo Rica

Cabe merah (iris tipis-tipis juga melintang), 15 buah

Bawang merah (iris tipis-tipis), 5 buah

Tomat (potong dadu kecil), 1 buah

Bawang putih (iris tipis-tipis), 3 siung

Jahe (iris tipis-tipis), 1 cm

Serai (iris tipis-tipis), 1 batang

Kaldu instan (sesuai selera), ¼ sdt

Gula pasir, 1 sdm

Garam dapur, 1 sdt

Daun jeruk, 2 lembar

Cara Membuat Cakalang Garo Rica 

1.Bersihkan ikan cakalang lalu lumuri dengan air jeruk nipis dan garam dapur, diamkan hingga 20 menit lamanya agar bau amis pada ikan hilang, lalu goreng hingga berubah warna dan matang.

2.Selanjutnya tumis bumbu-bumbu seperti bawang merah, jahe, serai, dan bawang putih sampai tercium harum. Lalu tambahkan tumisan dengan bumbu lainnya, aduk-aduk supaya tercampur merata.

3.Setelah itu, tambahkan tumisan dengan ikan cakalang yang sudah digoreng tadi bersama dengan daun kemangi, aduk merata. Lalu angkat dan sajikan.

Demikian Resep Dan Cara Membuat Cakalang Garo Rica Lezat,Cakalang Garo Rica ini bisa anda nikmati bersama nasi putih hangat saat makan siang ataupun makan malam.Selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Dan Cara Membuat Cakalang Garo Rica Lezat