Blog Kumpulan aneka hidangan makanan tradisional indonesia cara membuat masakan dengan bahan praktis sedap dalam sekejap mudah dan enak.

Wednesday, September 7, 2016

Resep Dan Cara Membuat Burger Tempe Enak Bergizi

Resep Dan Cara Membuat Burger Tempe Enak Bergizi,Burger, yaaa nama makanan yang sangat digemari oleh hampir semua orang.Hamburger atau yang seringkali kita sebut dengan Burger,adalah sejenis makanan berupa roti berbentuk bundar dan terdapat wijen diatasnya yang diiris menjadi dua bagian,yakni atas dan bawah dan ditengahnya diisi dengan patty yang biasanya diambil dari daging, kemudian sayur-sayuran berupa selada,tomat dan bawang bombay.Sebagai sausnya,burger diberi berbagai jenis saus seperti mayonaise,saus tomat dan sambal serta mustard.Beberapa varian burger juga dilengkapi dengan keju,serta bahan pelengkap lain seperti sosis dan Ham.Naah di Indonesia kini sudah bermunculan varian Hamburger yang tidak sesuai dengan negara asalnya Jerman,hihi.Kenapa hayooo ? Karena masyarakat Indonesia telah berkreasi mengganti daging dengan tempe.Burger tempe sama peris seperti Burger pada umumnya, hanya saja Daging yang biasaya dipakai diganti dengan Tempe.Tempe merupakan makanan asli Indoneisa.Yang kaya akan kandungan nilai gizi berupa Protein, yang pastinya sangat baik jika dikonsumsi.Mari kita lihat resepnya yang tertera dibawah ini.
burger tempe enak bergizi
burger tempe enak bergizi

Bahan-bahan  :

2 Roti Bulat (untuk 2 porsi)

1/4 kg Daging Ayam Cincang.

1 buah Tempe Papan.

1 buah Tomat.

1 buah Timun.

1 ikat Selada.

1 buah bawang bombay.

Saus Tomat.

Mayonaise.

1 butir Telur Ayam.

1 bungkus Tepung Siap Saji (Sajiku).

1/4 sdm lada bubuk.

Margarin

Minyak Goreng

Cara membuat burger :

1.Pertama parut tempe hingga halus, kemudian campurkan tempe dan dan daging ayam cincang dalam satu wadah, kemudian uleni dan beri bumbu, bumbunya adalah lada bubuk, garam dan penyedap rasa secukupnya.

2.Setelah semua adonan tempe dan daging tercampur rata, bentuk bulat pipih layaknya daging yang biasa di burger. 

3.Kemudian kocok telur untuk melumasi adonan yang sudah dibulatkan tadi.

4.Setelah itu, balutkan dengan Tepung Sajiku. Kemudian goreng dengan minyak yang dalam. Agar adonan tadi matang secara merata.

5.Selanjutnya, potong timun dan tomat dengan ketebalan 1/2 cm. Dan tumis bawang bombai yang sudah dipotong-potong.

Cara Penyajian :

1.Ambil sepasang roti yang sudah dipotong, dang sudah di panggang sebentar dengan margarin, kemudian beri selembar slada segar, saus, mayones.

2.Kemudian tambahkan bawang bombay, timun dan tomat diatasnya.

3.Selanjutnya letakkan tempe tadi. beri saus lagi dan finishing tutup dengan roti bagian atas.

Demikian Resep Dan Cara Membuat Burger Tempe Enak Bergizi,Banyak inovasi lain dalam Resep Membuat Burger Tempe, bisa ditambah bahan-bahan lain Sesuai selera anda dan keluarga.Selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Dan Cara Membuat Burger Tempe Enak Bergizi