Blog Kumpulan aneka hidangan makanan tradisional indonesia cara membuat masakan dengan bahan praktis sedap dalam sekejap mudah dan enak.

Saturday, August 20, 2016

Resep Dan Cara Membuat Tongkol Asap Suwir Masak Pedas Mantap

Resep Dan Cara Membuat Tongkol Asap Suwir Masak Pedas Mantap, Bicara soal olahan ikan asap, kita bisa dengan mudah menyebut mangut,masakan bersantan khas Jawa Tengah yang bercitarasa gurih pedas.Ada juga yang dimasak rica,sambal goreng,oseng lombok ijo (cabai hijau), atau yang lainnya.Ikan asap memang paling nikmat diolah menjadi masakan pedas.Ada beberapa jenis ikan yang biasa diolah melalui proses pengasapan ini misalnya bandeng, pari,kembung,selar, tongkol, dan cakalang.Masing-masing mempunyai keunggulan dan karakter tersendiri,namun kali ini fokus ada pada tongkol asap.Dagingnya yang padat dan kesat membuat tongkol mudah disukai orang. Orang yang tak terlalu suka ikan pun bisa lebih mudah berkompromi dengan tongkol karena teksturnya dagingnya yang padat lebih mendekati hewan darat.Berikut ini adalah resep yang sangat mudah untuk mengolah tongkol asap.Yaitu Tongkol Asap Suwir Masak Pedas.Daging tongkol yang tebal dan padat disuwir agar lebih ringan saat disantap dan bumbunya bisa lebih mudah meresap.Tak butuh bumbu banyak dan waktu lama untuk memasaknya.Silahkan anda simak resepnya dibawah ini.
tongkol asap suwir masak pedas
tongkol asap suwir masak pedas

Bahan:

– Ikan Tongkol asap ± 500 gr.

 Bumbu:

– Bawang merah 6 buah. Iris tipis

– Bawang putih 6 siung. Iris tipis

– Cabai merah keriting 2 buah. Iris tipis menyerong

– Cabai hijau besar 3 buah. Iris tipis menyerong

– Cabai rawit merah 5 buah (sesuai selera). Iris tipis menyerong

– Lengkuas ± 2 ruas jari. Memarkan

– Jeruk nipis / lemon 1 buah.

– Gula pasir dan garam secukupnya

Cara membuat:

1.Goreng ikan tongkol terlebih dulu, kemudian tiriskan. Setelah dingin suwir-suwir daging ikan tongkol.

2.Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Masukkan pula lengkuas dan aneka cabai.

3.Selanjutnya masukkan tongkol yang telah disuwir-suwir, aduk hingga tercapur dengan bumbu. Tambahkan gula pasir secukupnya (kurang lebih 2 sendok teh). Hati-hati jika menambahkan garam karena biasanya tongkol asap sudah asin. Kalau kadar asinnya cukup tinggi, tak perlu lagi menggunakan garam. Tak ada salahnya mencicipi masakan dulu sebelum menambahkan garam.

4.Beri perasan jeruk nipis/lemon agar rasanya lebih segar dan aroma ikan lautnya tak terlalu kuat. Masak sebentar dan aduk-aduk hingga bumbu meresap sempurna.

5.Tongkol Asap Suwir Masak Pedas pun siap disajikan dan dinikmati dengan sepiring nasi putih hangat.

Demikianlah Resep Dan Cara Membuat Tongkol Asap Suwir Masak Pedas Mantap,Menu masakan ini bisa menjadi alternatif anda yang bosan dengan menu ikan yang itu-itu saja,semoga resep ini bisa bermanfaat bagi anda dalam menyajikan hidangan yang lezat.Selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Dan Cara Membuat Tongkol Asap Suwir Masak Pedas Mantap