Blog Kumpulan aneka hidangan makanan tradisional indonesia cara membuat masakan dengan bahan praktis sedap dalam sekejap mudah dan enak.

Tuesday, August 9, 2016

Resep Dan Cara Membuat Sambal Goreng Kentang Campur Pete Sedap Lezat

Resep Dan Cara Membuat Sambal Goreng Kentang Campur Pete Sedap Lezat, Keberadaan kuliner kita satu ini memang menjadi satu pelengkap setiap makanan, namun bisa juga sebagai menu utama.Dengan sedikit rasa pedas cabai merah,Sambal goreng kentang mampu menggugah selera para pecinta kuliner di tanah air. Selain mudah dicari,siapa saja bisa membuatnya dan jika Anda belum pernah membuat sambal goreng kentang sendiri.Sambal Goreng Kentang ini beberapa bahannya juga tidak sulit ditemukan dipasar terdekat,sebaiknya untuk mempraktekkan resep masakan favorit ini bahan-bahannya harus dalam keadaan segar sehingga nantinya akan menjadi sambal goreng kentang super lezat.Jika hari ini Anda berencana untuk menghidangkan masakan ini,ada baiknya simak dahulu resep cara membuat sambal goreng kentang pete berikut ini.
sambal goreng kentang campur pete
sambal goreng kentang campur pete

Bahan-Bahan Sambal Goreng Kentang

Petai – 1 papan belah jadi dua dan buang kulitnya

Daun jeruk – 2 lembar

Kentang – ½ kg kupas dan iris kotak

Daun salam – 1 lembar

Serai – 1 batang digeprek

Lengkuas – 2 cm digeprek

Air asam jawa – 2 sendok makan

Air santan – 200ml

Gula merah – 1 sendok makan

Minyak goreng secukupnya

Bumbu Sambal Goreng Kentang

Bawang putih – 3 siung

Bawang merah – 6 butir

Cabai merah – 7 buah

Jahe – 1cm

Tomat – 1 buah

Garam – ½ sendok teh

Kemiri – 4 butir

Kaldu bubuk rasa ayam – ½ sendok teh

Cara Membuat Sambal Goreng Kentang

1.Pertama dalam mempraktekkan Resep Sambal Goreng Kentang Anda harus memanaskan sedikit miyak untuk menggoreng bahan irisan kentang. Setelah minyak agak panas masukkan irisan kentang, goreng hingga warnanya berubah kuning kecoklatan. Jika sudah matang angkat dan tiriskan dalam wadah terpisah.

2.Setelah selesai menggoreng kentang, tumis bumbu halus terdiri dari daun salam, daun jeruk, lengkuas, petai, dan serai. Tumislah semua bumbu halus tersebut sampai berbau harum.

3.Masukkan santan dan gula merah serta air asam jawa ke dalam tumisan tersebut. Aduk rata hingga semua bumbu bercampur.

4.Langkah berikutnya tunggu sampai air santan menyusut dan ukuran kentang goreng juga menyusut kemudian aduk terus hingga kuah mengering.

5.Jika kuah sudah benar-benar kering maka angkat dan sajikan di atas piring, kemudian hidangkan bersama dengan nasi panas beserta lauk dan sayurnya.

Demikian Resep Dan Cara Membuat Sambal Goreng Kentang Campur Pete Sedap Lezat,Beberapa orang lebih suka menyantap sambal goreng kentang bersama dengan nasi panas dan ikan atau ayam goreng.Selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Dan Cara Membuat Sambal Goreng Kentang Campur Pete Sedap Lezat