Blog Kumpulan aneka hidangan makanan tradisional indonesia cara membuat masakan dengan bahan praktis sedap dalam sekejap mudah dan enak.

Wednesday, August 3, 2016

Resep Dan Cara Membuat Ikan Asin Gabus Sambal Tempe Enak Mantap

Resep Dan Cara Membuat Ikan Asin Gabus Sambal Tempe Enak Mantap, Hidangan ikan gabus sambal tempe adalah salah satu hidangan yang lezat.Nikmatnya hidangan ini akan cocok dijadikan sebagai hidangan menu makan siang dengan sepiring nasi putih saja menu ini sudah langsung bisa disantap.Cara membuat menu ikan asin gabus sambal tempe ini juga cukup mudah,saya yakin bagi anda yang baru belajar masakpun bisa membuat menu ini.Daripada kelamaan,yuk kita langsung simak resep mudahnya membuat ikan gabus sambal tempe yang enak dibawah ini.
ikan gabus sambal tempe
ikan gabus sambal tempe

Bahan Utama Ikan Gabus:

3 potong ikan gabus asin kering

250 gram tempe

2 lembar daun salam

1 sendok makan gula merah

8 lembar daun jeruk, diremas-remas

2 cm lengkuas, dimemarkan

1 sendok makan air asam jawa

2 sendok makan minyak goreng

1/2 sendok teh garam

Bumbu Ikan yang Dihaluskan:

4 siung bawang putih

6 butir bawang merah

6 buah cabai rawit hijau

6 buah cabai merah keriting

1 sendok teh terasi goreng

Cara Membuat Ikan Gabus Sambal Tempe:

1.Pertama, saya awali dengan memanaskan wajan diatas kompor yang sudah dinyalakan apinya. Lalu tuangkan minyak goreng dibagian atasnya sedikit saja dan tunggu hingga minyak panas secara merata.

2.Setelah minyak panas, selanjutnya silahkan tumis bumbu yang telah dihaluskan pada minyak panas hingga harum dan tercium bau lezat

3.Lalu masukkan daun salam, daun jeruk dan lengkuas. Kemudian aduk-aduk kembali hingga bahan rempah ini menjadi layu dan matang.

4.Kemudian masukkan gula merah bersama dengan garam dan air asam kedalam tumisan bumbu untuk menambah rasa. Silahkan masukkan sesuai dengan selera anda. Setelah itu, aduk-aduk kembali hingga rata dna tercampur.

5.Nah, setelah bumbu tercampur silahkan masukkan ikan gabus yang sudah dibasuh dengan air bersama dengan tempe yang sudah digoreng dan ditumbuk sebelumnya. Aduk-aduk ikan agar tercampur bersama dengan bumbu dan masak sebentar agar menjadi lebih kering.

Demikianlah Resep Dan Cara Membuat Ikan Asin Gabus Sambal Tempe Enak Mantap,sajikan dalam piring atau mangkuk saji yang sudah anda persiapkan. Hidangkan kelezatan sajian ini bersama dengan sahabat dan keluarga anda dirumah.Selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Dan Cara Membuat Ikan Asin Gabus Sambal Tempe Enak Mantap