Blog Kumpulan aneka hidangan makanan tradisional indonesia cara membuat masakan dengan bahan praktis sedap dalam sekejap mudah dan enak.

Sunday, August 28, 2016

Resep Dan Cara Membuat Asam Pedas Ikan Kuwe Mantap Lezat

Resep Dan Cara Membuat Asam Pedas Ikan Kuwe Mantap Lezat,Siapa yang tidak kenal dengan masakan asam pedas,masakan yang sangat digemari ini cocok sekali untuk lauk makan siang keluarga.Asam padeh yang satu ini memang istimewa,ikan kuwe dalam potongan-potongan besar dimasak dalam kuah kental merah jingga yang terasa asam segar dan super pedas.Saya yang maniak pedas harus mengakui,masakan yang satu ini benar-benar hot.Walau masih nyaman di mulut namun sama sekali tidak nyaman di perut yang artinya sudah bisa anda ketahui sendiri kan? Masakan ikan kuwe asam pedas ini memang layak untuk dinikmati hingga kuah tetes terakhir.Berikut resep dan cara membuatnya silahkan anda simak dibawah ini.
asam pedas ikan kuwe mantap lezat
asam pedas ikan kuwe mantap lezat

Bahan:

- 1 ekor ikan kuwe, berat sekitar 400 gram, siangi, cuci bersih dan potong menjadi 4 bagian.  

- 5 buah belimbing wuluh,belah dua memanjang

- 2 buah tomat merah, belah 4

- 400 ml air

Bumbu, dihaluskan:

- 4 siung bawang merah

- 2 siung bawang putih

- 2 ruas jahe

- 2 genggam cabe merah kering, rendam air panas agar empuk

- 1 1/2 sendok teh terasi, bakar

- 2 ruas kunyit

- 1/2 sendok teh merica butiran

- 3 sendok makan minyak untuk menumis 

Bumbu lainnya:

- 3 batang serai, memarkan

- 5 lembar daun jeruk

- 2 sendok teh garam

- 2 sendok makan gula pasir

- 1 sendok teh kaldu bubuk 

- 4 sendok makan air asam Jawa

Cara membuat:

1.Panaskan minyak di wajan, masukkan bumbu halus, tumis hingga bumbu berubah warna dan harum baunya. Tandanya bumbu matang. Masak hingga bumbu kering dan terlihat berminyak. Masukkan serai dan daun jeruk, aduk.

2.Notes: Minyak yang banyak memang akan membuat bumbu matang, berwarna merah gelap dan tidak mudah gosong. Jadi tambahkan minyak sesuai selera anda saat menumis bumbu.

3.Tuangkan air ke dalam bumbu, masak hingga air mendidih.Tambahkan kaldu bubuk, gula, garam, aduk rata. Masukkan ikan. Masak hingga ikan setengah matang.

4.Masukkan air asam Jawa, belimbing wuluh dan tomat.Aduk dan masak hingga semua bahan matang.Cicipi rasanya, sesuaikan rasa gula, garam dan asam. Kuah harus terasa asam, asin dan sedikit manis. Angkat dan hidangkan.

Demikian Resep Dan Cara Membuat Asam Pedas Ikan Kuwe Mantap Lezat,Asam pedas ikan kuwe ini lezat disantap dengan nasi putih saat makan siang atau makan malam.Selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Dan Cara Membuat Asam Pedas Ikan Kuwe Mantap Lezat