Blog Kumpulan aneka hidangan makanan tradisional indonesia cara membuat masakan dengan bahan praktis sedap dalam sekejap mudah dan enak.

Sunday, July 10, 2016

Resep Dan Cara Membuat Tongseng Daging Sapi Lezat Mantap

Resep Dan Cara Membuat Tongseng Daging Sapi Lezat Mantap, Tongseng dikenal makanan khas daerah Solo dan sekitarnya.Tongseng sendiri merupakan masakan sejenis gulai yang dipadu dengan bumbu-bumbu yang lebih tajam. Waaaw,tajam?? Maksudnya tajam disini,lebih pekat rasanya. Sebenarnya tongseng dibuat dengan menggunakan daging yang masih melekat pada tulang seperti tulang belakang dan tulang iga.Tonseng yang kita kenal sekarang ini umumnya menggunakan daging kambing,namun karena kepopulerannya,resepnya semakin berkembang dengan menggunakan daging sapi atau daging kerbau.Tongseng yang terkenal dengan kuah kentalnya ini berpadukan dengan macam-macam sayuran seperti kol,tomat bawang putih serta tak luput juga menggunakan kecap manis.Bumbu yang dipakai untuk menumis atau lebih dikenal dengan oseng-oseng adalah garam, lada,bawang putih dan kecap manis.Kalian tahu kan kalau kita mau membeli tongseng pasti lebih mudah ditemukan di pedagang yang menjual sate kambing juga.
tongseng daging sapi
tongseng daging sapi

Bahan-bahan :

250 gram daging sapi (potong dadu)

2 buah tomat merah (potong dadu)

3 lembar daun kol (rajang kasar)

2 batang daun bawang (rajang halus)

500 ml air

Bumbu halus :

3 siung bawang putih

4 siung bawang merah

5 butir cabe merah keriting

4 butir cabe rawit merah

1 ruas jahe

4 butir kemiri (sangrai terlebih dahulu)

1 sdt merica (butiran)

minyak secukupnya (untuk menumis)

Bumbu lainnya :

1 sdm bumbu kari bubuk

1 sdt kaldu bubuk (optional, boleh di pakai boleh tidak)

3/4  sdm garam (jika kurang asin, tambahkan ya)

1 sdm gula pasir

2 sdm kecap manis

1 batang serai (pipihkan)

3 lembar daun jeruk (sobek-sobek)

Irisan cabai rawit secukupnya (boleh di pakai jika kurang pedas)

Cara membuat tonseng daging sapi :

1.Siapkan 2 sdm minyak goreng untuk ditumis. Panaskan dan tumis bumbu halus, batang serai serta daun jeruk. Masak hingga berubah warna dan tercium harum.

2.Masukkan daging sapi, masak dan tumis kembali hingga daging sapi berubah warna.

3.Tuangkan air, gula, garam, bumbu kari dan kaldu bubuk. Masak sampai daging sapinya empuk dan kuah terlihat sedikit menyusutResep Tongseng Sapi Tanpa Santan Enak, Empuk, Dan Sederhana

4.Tambahkan kecap manis, aduk rata. Kemudian masukkan cabai rawit iris dan daun kol. Masak hingga daun kol layu dan setengah matang.

5.Terakhir masukkan daun bawang. Aduk kembali. Cicipi rasanya sebentar ya, agar kita tahu rasanya kurang pas dimana. Jika kurang asin tambahkan garam sekiranya.

6.Masukkan tomat dan matikan kompornya.

7.Angkat tongseng daging sapinya. Dan tongseng sapi empuk dan enak tanpa santan siap di sajikan hangat - hangat

Demikian Resep Dan Cara Membuat Tongseng Daging Sapi Lezat Mantap,Sajikan tongseng daging sapi dengan nasi putih dengan taburan bawang goreng diatasnya.Selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Dan Cara Membuat Tongseng Daging Sapi Lezat Mantap