Blog Kumpulan aneka hidangan makanan tradisional indonesia cara membuat masakan dengan bahan praktis sedap dalam sekejap mudah dan enak.

Wednesday, July 6, 2016

Resep Dan Cara Membuat Semur Daging Betawi Spesial Lezat

Resep Dan Cara Membuat Semur Daging Betawi Spesial Lezat,Semur adalah sajian wajib orang Betawi saat hari besar agama atau perayaan tertentu yang kesohor,terbuat dari potongan daging sapi dengan kuah kecap yang dimasak hingga menyusut (nyemek).Bumbu pelumur daging berupa campuran bumbu halus dari merica,ketumbar,jintan,biji pala,lengkuas,jahe,dan garam,sedangkan bumbu tumisnya terdiri dari bawang merah,bawang putih,bawang bombay,cengkeh,kayu manis,daun salam,dan serai.Penyajian semur betawi,biasanya disandingkan dengan bencok (kentang kering goreng dengan ebi halus).
semur daging betawi
semur daging betawi

Bahan bumbu semur daging lezat :

500 gr daging sapi,-diiris melintang serat

2 sendok makan minyak tuk menumis

5 butir bawang merah,-diiris-iris tipis

bumbu halus semur daging khas Betawi :

4 siung bawang putih

7 butir bawang merah

4 butir kemiri, disangrai dulu

1 sendok teh garam

1/2 sendok teh merica butiran

1 sendok teh ketumbar butiran, disangrai dulu

1/4 sendok teh jintan, disangrai dulu

2 cm jahe

2 lembar daun salam

3 buah cengkih

4 cm kayu manis

1 buah kulit biji pala

2 buah tomat, potong-potong

3 sendok makan kecap manis merek apa aja

1 1/2 liter air putih

1 sendok makan bawang merah goreng tuk taburan

Cara membuat Semur Daging Betawi :

- Pertama Panaskan minyak, tumislah bawang merah iris hingga harum. dan Masukkan bumbu yg sudah dihalus kan, cengkih, daun salam, kayumanis, & kulit biji pala, hingga harum & matang.

- Kemudian Masuk kan daging sapi, di aduk sampai daging berubah warna. Tambah kan jg tomat, aduk hingga layu. Masuk kan kecap manis, aduk-aduk rata.

- Langkah Terakhir ; Tuang air bersih, aduk-aduk rata, rebuslah sampai daging empuk. Taburi bawang merah goreng, selesai ahh resep masakan betawi, dengan nama semur daging.

Demikian Resep Dan Cara Membuat Semur Daging Betawi Spesial Lezat,Menu ini sebaiknya disantap selagi hangat.Semur daging ini juga bisa disajikan dengan lontong sebagai pengganti nasi,kemudan diberi taburan bawang goreng diatasnya pasti akan menambah citarasa dari masakan ini.Selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Dan Cara Membuat Semur Daging Betawi Spesial Lezat