Blog Kumpulan aneka hidangan makanan tradisional indonesia cara membuat masakan dengan bahan praktis sedap dalam sekejap mudah dan enak.

Wednesday, July 6, 2016

Resep Dan Cara Membuat Sayur Lodeh Terong Enak Spesial

Resep Dan Cara Membuat Sayur Lodeh Terong Enak Spesial, Terung hijau biasanya dipakai untuk sayur lodeh di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur.Bentuknya sama seperti terung ungu, hanya kulitnya saja yang berwarna hijau.Lodeh terong yang biasanya disantap dengan ketupat atau nasi putih ini berkuah santan.Selain terong dan daun melinjo,ada tambahan irisan bunga kecombrang yang membuat cita rasa lodeh ini semakin istimewa.Anda juga bisa menambahkan taburan bawang goreng diatas sayur lodeh untuk menambah citarasa dari hidangan ini.

sayur lodeh terong
sayur lodeh terong
Bahan Utama

4 buah terong hijau

400 ml santan encer

2 cabai hijau besar

2 cabai merah besar

1 cm lengkuas

2 lembar daun salam

Minyak untuk menumis

Bumbu-Bumbu

4 butir bawang merah

2 siung bawang putih

1/2 sdt ketumbar

2 butir kemiri

1/4 sdt garam

1/4 sdt terasi bakar

1/4 sdt gula merah

Cara Menyiapkan Bahan dan Membuat Bumbu

1.Langkah pertama yaitu, potong terong hijau yang telah disiapkan dengan bentuk dadu. Lalu rendam di dalam air.

2.Iris cabai hijau dan cabai merah besar dengan arah menyerong. Lalu geprek lengkuas.

3.Satukan semua bumbu yang telah disiapkan seperti, bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar dan terasi. Lalu haluskan bumbu tersebut hingga benar-benar halus.

Cara Memasak

1.Langkah pertama yaitu, panaskan minyak. Lalu tumis bumbu yang telah dihaluskan, lengkuas dan salam hingga tercium baunya.

2.Setelah itu masukan cabai hijau besar, cabai merah besar yang telah diiris. Dan masukan pula terong hijau yang telah dipotong. Lalu aduk-aduk semua bahan hingga merata.

3.Selanjutnya, masukan santan encer dan masak hingga matang. Tambahkan garam dan gula merah. Lalu aduk hingga merata da meresap.

4.Jika sudah, angkat dan sajikan.

Demikian Resep Dan Cara Membuat Sayur Lodeh Terong Enak Spesial,Sajikan menu ini dengan nasi hangat saat makan bersama keluarga tercinta.selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Dan Cara Membuat Sayur Lodeh Terong Enak Spesial