Blog Kumpulan aneka hidangan makanan tradisional indonesia cara membuat masakan dengan bahan praktis sedap dalam sekejap mudah dan enak.

Monday, July 11, 2016

Resep Dan Cara Membuat Sambal Matah Khas Bali Mantap

Resep Dan Cara Membuat Sambal Matah Khas Bali Mantap, Pulau Dewata tersohor dengan ragam budayanya yang menarik mata dunia untuk terus berkunjung lagi dan lagi.Tak hanya dalam bentuk seni tari,seni rupa,eksotisme pantai,kerajinan dan semacamnya yang membuat Bali begitu diminati.Harus turut pula kita sebutkan faktor kuliner,yang memang cukup khas dan menjadi salah satu daya tarik pulau yang tersohor dengan pantainya ini.Berbicara makanan di Bali, jika Anda pernah berkunjung ke sana,pasti Anda sudah familiar dengan “sambal matah”. Jenis sambal yang satu ini cukup unik sebab tidak digerus dan disajikan dalam keadaan semi-mentah.Biasanya jika berkunjung di rumah makan khas Bali,sambal matah ini menjadi sajian pelengkap untuk menyantap ikan ataupun ayam.Penasaran tapi tak ada waktu berkunjung ke rumah makan khas Bali? Berikut kami sajikan cara membuat sambal matah praktis untuk Anda coba di rumah.
sambal matah khas bali
sambal matah khas bali

Bahan:

Bawang merah > 5 butir, diiris halus

Cabai rawit hijau > 5 buah, iris halus

Cabai rawit merah > 5 buah, diiris halus

Tomat hijau ukuran kecil > 3 buah

Daun jeruk > 3 lembar, diiris halus

Serai > 2 batang, bagian putihnya saja, diiris halus

Bahan Campuran:

Terasi bakar > ½ sendok teh

Garam > ¼ sendok teh

Gula pasir > ¼ sendok teh

Air jeruk nipis > ½ sendok makan

Minyak goreng > 3 sendok makan dipanaskan

Cara Membuat Sambal Matah Bali:

1.Aduk rata bawang merah, bawang putih, cabai rawit, terasi, daun jeruk, serai, garam, gula pasir, dan air jeruk nipis sambil diremas-remas.

2.Tuangkan minyak goreng yang sudah dipanaskan. Aduk  rata.

Demikian Resep Dan Cara Membuat Sambal Matah Khas Bali Mantap,Sambal ini sangat khas dan sangat pas anda nikmati dengan ikan bakar,goreng atau menu masakan khas bali.Selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Dan Cara Membuat Sambal Matah Khas Bali Mantap