Blog Kumpulan aneka hidangan makanan tradisional indonesia cara membuat masakan dengan bahan praktis sedap dalam sekejap mudah dan enak.

Sunday, July 17, 2016

Resep Dan Cara Membuat Gulai Ikan Patin Lezat Mantap

Resep Dan Cara Membuat Gulai Ikan Patin Lezat Mantap, Sepertinya masakan dari olahan ikan memang sudah menjadi bagian dari menu hidangan spesial dalam setiap momen dan tidak pernah bosan.Ini terbukti dengan banyaknya ragam racikan masakan yang berasal dari makhluk air yang satu ini.Seperti juga olahan masakan berikut ini gulai ikan patin yang merupakan olahan ikan patin yang dijadikan sebagai hidangan masakan spesial ala gulai yang satu ini.Bagi anda yang ingin mencobanya bisa membuat masakan sedap spesial ini melalui resep cara membuat gulai ikan patin lezat yang akan kita bagikan berikut ini.Sehingga andapun bisa menyajikan gulai ikan patin yang lezat ini untuk santap siang keluarga tercinta.
gulai ikan patin
gulai ikan patin

Bahan-bahan Gulai Ikan Patin

Ikan patin 2 ekor, potong-potong

Daun salam 2 lembar

Serai 2 cm, geprek

Garam dapur 1 ½ sdt

Gula pasir 1 sdt

Santan kelapa encer 500 cc

Santan kelapa kental 200 cc

Minyak sayur 3 sdm

Bumbu yang dihaluskan

Bawang merah 8 pcs

Bawang putih 5 pcs

Kunyit 3 cm, bakar

Kemiri 4 pcs, sangrai

Merica ½ sdt

Jahe 2 cm

Cara Membuat Masakan Gulai Ikan Patin Lezat

1.Seperti biasa, sebelum mengolah ikan patin menjadi masakan sedap kita harus membersihkannnya terlebih dahulu dari kotoran dalam perutnya juga sisik pada bagian kulit luarnya kemudian membilasnya dengan air mengalir. Jangan lupa untuk melumuri ikan yang sudah dibersihkan ini dengan perasan air jeruk nipis dan garam dapur agar bau amis pada ikan menjadi berkurang dan bahkan hilang.

2.Berikutnya, haluskan bahan-bahan yang digunakan untuk bumbu masakan lalu masak dengan secukupnya minyak panas hingga beraroma sedap. Tambahkan juga masakan bumbu halus ini dengan gula pasir, garam dapur dan santan kelapa encer. Aduk merata dan biarkan matang.

3.Setelah masakan campuran bumbu halus dan santan matang, kemudian masukkan ke dalamnya ikan patin yang sudah terlumuri garam dan perasan air jeruk nipis tadi. Aduk merata agar bumbu meresap ke dalam daging ikan patin dan biarkan matang. Setelah beberapa saat, kemudian tuangkan santan kelapa kental ke dalam masakan, aduk merata dan biarkan matang sempurna. Angkat lalu sajikan dalam wadah saji.

Demikian Resep Dan Cara Membuat Gulai Ikan Patin Lezat Mantap,Sajikan gulai ikan patin ini dengan sepiring nasi hangat untuk menu makan siang keluarga anda tercinta.Selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Dan Cara Membuat Gulai Ikan Patin Lezat Mantap