Blog Kumpulan aneka hidangan makanan tradisional indonesia cara membuat masakan dengan bahan praktis sedap dalam sekejap mudah dan enak.

Monday, July 18, 2016

Resep Dan Cara Membuat Bakso Ikan Tenggiri Enak Lezat

Resep Dan Cara Membuat Bakso Ikan Tenggiri Enak Lezat, Jajajanan kuliner yang sudah begitu melekat dilidah para penggemarnya terutama kaum hawa,apalagi kalau bukan bakso.Makanan ini memang masih menjadi favorit bagi banyak orang dengan berbagai macam sajian bakso seperti bakso daging sapi,bakso urat,bakso rudal dan lain sebagainya.Dan pada kesempatan kali ini saya akan berbagi cara menyajikan bakso lezat dengan resep bakso ikan tenggiri.Bakso ikan adalah jenis bakso dengan perpaduan daging ikan tenggiri sebagai bahan campurannya.Selain ikan tenggiri,banyak ikan lainnya yang bisa dijadikan bahan campuran dalam pembuatan bakso ikan seperti ikan gabus dan belida. Berbeda dengan bakso daging sapi, bakso ikan memiliki tekstur yang kenyal dengan ciri putih pada penampilan warna bakso.Rasanya yang lezat dengan kandungan protein tinggi akan semakin membuat lidah anda ngiler deh.Untuk dapat menyajikan bakso ikan dirumah,anda bisa mengikuti resep olahan bakso ikan seperti berikut ini.
bakso ikan tenggiri
bakso ikan tenggiri

Bahan-bahan Bakso Ikan

Fillet daging ikan tenggiri,300 gr

Tepung kanji,30 gr

Telur ayam (ambil putihnya),1 btr

Bawang daun (potong halus),1 btg

Kaldu instan (rasa ayam), ½ sdt

Air es,100 ml

Garam dapur,½ sdt

Bahan Kuah Bakso Ikan

Air bersih, 1500 ml

Daun seledri, 1 btg

Merica halus, ¼ sdt

Garam dapur, 1 sdm

Bahan Pelengkap Bakso Ikan

Goreng bawang (putih)

Sambal (Bakso )

Cara Membuat Bakso Ikan

1.Campur ikan tenggiri yang sudah dugiling bersama dengan putih telur, kaldu instan dan garam.

2.Kemudian tuang air sembari diaduk dengan menggunakan mixer supaya merata. Lalu masukkan tepung terigu dan bawang daun ke dalam adonan, aduk kembali sampai merata.

3.Setelah itu, bentuk bulat adonan seperti bentuk bakso pada umumnya dengan menggunakan kedua tangan dan bantuan sendok makan. Ulangi sampai semua bahan adonan bakso ikan habis lalu simpan dalam air es.

4.Selanjutnya, rebus air sampa mendidih. Kemudian masukkan adonan bakso ikan yang sudah dibentuk bulat yang didinginkan dengan air es tadi ke dalam rebusan air mendidih. Biarkan sampai matang dan mengapung kepermukaan air. Angkat dan tiriskan.

Untuk Kuah Bakso

1.Rebus air dengan kaldu ayam serta campuran merica halus, seledri dan garam sampai mendidih.
2.Tuang butiran bakso dalam mangkuk saji dengan siraman kuah bakso paknas. Tambahkan bahan pelengkap seperti bawang goreng sebagai taburan dalam sajian bakso.

Demikian Resep Dan Cara Membuat Bakso Ikan Tenggiri Enak Lezat,Menu ini sangat cocok dinikmati saat cuaca dingin atau saat hujan.Menu ini dinikmati lansung atau dengan nasi sama nikmatnya.Semoga resep bisa bermanfaat dan selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Dan Cara Membuat Bakso Ikan Tenggiri Enak Lezat