Blog Kumpulan aneka hidangan makanan tradisional indonesia cara membuat masakan dengan bahan praktis sedap dalam sekejap mudah dan enak.

Friday, June 24, 2016

Resep Dan Cara Membuat Sup Ikan Patin Gurih Mantap

Resep Dan Cara Membuat Sup Ikan Patin Gurih Mantap, Ikan patin menjadi salah satu pilihan makanan untuk dijadikan masakan sup,karena ikan patin memiliki rasa yang gurih dan lezat.Ikan patin merupakan ikan yang hidup di air laut,ikan patin bukan ikan yang dibudidayakan karena ikan patin ini banyak tersebar luas dilautan,salah satunya perairan di Indonesia.Karena itu ikan patin ini biasanya hanya bisa ditangkap oleh para nelayan yang mana sebagai mata pencahariannya.Untuk mendapatkan ikan patin yang segar memang harus membelinya pada saat para nelayan kedaratan ataupun tersedia di pasar-pasar tradisional dekat pantai,atau mungkin di pasar terdekat anda ataupun di Supermarket.Ikan patin memiliki dagingnya yang empuk,maka tak heran banyak orang menyukai masakan dengan bahan dasar ikan patin ini.Aneka varian olahan ikan patin sangat banyak salah satunya masakan ikan patin tempoyak, ikan patin bumbu kuning dan banyak lagi resep dengan bahan dasar ikan patin.Namun yang akan kami bahas kali ini adalah membuat masakan sup ikan patin yang sederhana, dimana sangat cocok untuk dijadikan menu sahur anda.
sup ikan patin
sup ikan patin

Bahan:

500 gram ikan patin (bisa diganti ikan gurame)

5 bawang merah iris tipis

4 siung bawang putih iris tipis

2 batang serai memarkan

5 lembar daun jeruk buang tulang

2 lembar daun salam

1 ruas jahe memarkan

1 ruas kunyit memarkan

10 buah rawit merah (kalo suka pedas bisa diiris serong)

1 sdt garam

1 sdt gula pasir

800 ml air

2 sdm air jeruk nipis

4 buah tomat hijau

Cara membuat:

1.Lumuri potongan ikan dengan jeruk nipis dan garam

2.Masak air hingga mendidih, masukkan bawang merah dan putih, jahe kunyit daun jeruk salam sereh. Masak hingga bumbu matang.

3.Masukkan ikan, beri garam gula cabe, tomat dan air jeruk nipis. Masak hingga sekiranya ikan sudah matang dan bumbu meresap ke dalam ikan. (jgn dibalik2 ya nanti ikannya hancur)

4.Sajikan Panas-panas.

Sekian Resep Dan Cara Membuat Sup Ikan Patin Gurih Mantap,Sajikan menu ini ketika masih panas karena akan menambah selera makan sahur anda dan keluarga.Selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Dan Cara Membuat Sup Ikan Patin Gurih Mantap