Blog Kumpulan aneka hidangan makanan tradisional indonesia cara membuat masakan dengan bahan praktis sedap dalam sekejap mudah dan enak.

Sunday, June 12, 2016

Resep Dan Cara Membuat Serabi Oncom Pedas Mantap

Resep Dan Cara Membuat Serabi Oncom Pedas Mantap, Serabi adalah jajanan jadul khas bandung yang sangat terkenal.Jajanan ini biasanya disajikan dengan tambahan saus gula merah dan santan.Namun kini sudah banyak beragam jenis varian serabi yang lebih modern dengan berbagai macam campuran bahan lainnya seperti sosis, ayam, kornet, telur, keju dan lain sebagainya. Saus untuk memakannya pun tidak hanya menggunakan gula merah atau santan tapi kini sudah menggunakan saus mayonaise,saus tomat,saus sambal atau pun susu kental manis dan vla. Menu ini sangat pas dinikmati disaat santai atau bisa dijadikan menu berbuka puasa yang spesial bagi keluarga tercinta.Kali ini kami akan membagikan resep kue serabi oncom bandung tradisional yang khas.
serabi oncom pedas mantap
serabi oncom pedas mantap

Bahan Serabi:

500 ml santan dari 1/2 butir kelapa, sisihkan parutan kelapanya

200 gram tepung terigu protein sedang

1/2 sendok teh garam

1 butir telur ayam, dikocok lepas

1 sendok teh baking powder

Bahan Isi:

200 gram oncom, dibakar, dicincang kasar

1 batang serai, dimemarkan

2 buah cabai rawit merah, diiris

1 sendok teh garam

1/2 sendok teh gula merah

1/4 sendok teh merica bubuk

100 ml santan dari 1/4 butir kelapa

2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Halus:

2 butir bawang merah

1 siung bawang putih

1 cm kencur

4 buah cabai merah keriting

Cara membuat :

1.Isi, tumis bumbu halus dan serai sampai harum. Masukkan cabai rawit. Tumis sampai layu. Masukkan oncom. Aduk rata. Bubuhi garam, gula, dan merica. Aduk rata. Tuangkan  santan. Aduk sampai meresap dan kering.  Sisihkan.

2.Panaskan cetakan serabi dari tanah liat sambil diisi parutan kelapa. Aduk-aduk kelapa sesekali sampai berminyak. Buang kelapanya. Sisihkan.

3.Serabi, rebus santan sambil diaduk sampai mendidih. Biarkan hangat.

4.Aduk rata tepung terigu, garam, dan telur. Tuang santan sedikit - sedikit sambil dikocok dengan kecepatan rendah  20 menit. Diamkan 30 menit. Sisihkan. Tambahkan baking powder. Aduk rata.

5.Tuang satu sendok sayur adonan ke dalam cetakan serabi yang sudah dipanaskan di atas api besar. Biarkan sampai berlubang. Kecilkan api. Taburi isi. Tutup dan biarkan sampai matang. Angkat, sajikan.

Demikian Resep Dan Cara Membuat Serabi Oncom Pedas Mantap,Menu ini dapat menjadi kudapan spesial untuk waktu santai anda.Atau bisa juga menu ini dihidangkan untuk takjil berbuka puasa.Selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Dan Cara Membuat Serabi Oncom Pedas Mantap