Blog Kumpulan aneka hidangan makanan tradisional indonesia cara membuat masakan dengan bahan praktis sedap dalam sekejap mudah dan enak.

Thursday, June 23, 2016

Resep Dan Cara Membuat Sayur Bobor enak Lezat

Resep Dan Cara Membuat Sayur Bobor enak Lezat, Para pecinta masakan berjenis sayur khususnya yang berasal dari daerah Jawa Tengah dan sekitarnya pasti mengenal sayur ini.Orang Jawa sering menyebut masakan nikmat ini dengan sebutan sayur bobor.Sayur bobor merupakan masakan yang umumnya dibuat dari bahan utama bayam,daun singkong atau daun kacang,lalu diberi kuah santan encer.Masakan ini cukup bisa membuat orang kangen dengan rasanya karena sayur ini umumnya susah ditemukan di daerah lain.Sayur bobor yang akan kita buat resepnya kali ini merupakan masakan sayur bobor yang sangat umum yaitu sayur bobor bayam.Pada dasarnya resep atau masakan sayur bobor ini tidak terlalu banyak variasinya,namun tidak menutup kemungkinan apabila anda ingin berkreasi dengan menambah bahan lain agar lebih sesuai dengan selera anda. Sayur bobor memang unik,meskipun sederhana namun masakan yang satu ini sepertinya memiliki pakem tersendiri dalam berbagai hal,seperti misalnya bahan serta bumbu-bumbunya.Mungkin juga karena sayur ini tidak banyak ditemukan di luar wilayah Jawa Tengah sehingga tidak banyak orang mengenalnya sehingga kebanyakan orang membuat masakan sayur bobor ini tidak banyak berkreasi. Namun justru hal tersebut membuat sayur bobor ini menjadi ekslusif dan tetap asli.
sayur bobor enak lezat
sayur bobor enak lezat

Bahan :

2 ikat bayam, siangi dan cuci bersih

2 lembar daun salam

3 cm lengkuas, geprek

900 ml santan dari 120 gram kelapa parut

1 sdt gula pasir

1 sdt garam

1/2 sdt kaldu bubuk atau sesuai selera

minyak untuk menumis

Bumbu halus : 

1 sdt ketumbar

1/2 sdt merica butir

2 cm kencur

2 siung bawang putih

4 butir bawang merah

3 butir kemiri

CARA MEMBUAT : 

1.Panaskan sedikit minyak dalam wajan, tumis bumbu halus, lengkuas dan daun salam hingga harum. Tuang santan serta masak sambil diaduk-aduk hingga mendidih.

2.Taburi garam, gula pasir dan kaldu bubuk, aduk rata lalu terakhir masukkan bayam. Masak sebentar sambil sesekali diaduk hingga bayam cukup layu atau matang.

Demikian Resep Dan Cara Membuat Sayur Bobor enak Lezat,Resep sayur ini bisa anda jadikan menu sahur keluarga anda yang spesial karena rasanya yang enak dan lezat.Selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Dan Cara Membuat Sayur Bobor enak Lezat