Blog Kumpulan aneka hidangan makanan tradisional indonesia cara membuat masakan dengan bahan praktis sedap dalam sekejap mudah dan enak.

Sunday, June 19, 2016

Resep Dan Cara Membuat Kue Talam Spesial

Resep Dan Cara Membuat Kue Talam Spesial, Kue talam,salah satu aneka kue basah ini sudah menjadi favorit oleh semua orang tak terkecuali anak-anak.Yaap, hal tersebut mungkin karena kelembutan tekstur yang dimiliki oleh kue ini.Jadi tidak heran jika banyak yang mengidolakan kue ini.Kue yang satu ini sangatlah populer,terlebih lagi pada bulan puasa.Saat ini kue talam sudah banyak variasinya mulai dari talam coklat,talam pandan sampai kue talam durian tapi saat ini yang akan kita buat adalah kue talam pandan lapis gula merah.Sudah kebayangkan bagaimana kenikmatan dari rasa kue ini.
kue talam
kue talam 

Bahan-bahan Kue Talam

- Tepung beras 100 gr

- Tepung sagu 30 gr

- Santan 300 ml

- Air kelapa muda 150 ml

- Pasta pandan 1 sdt

- Gula pasir 100 gr

- Garam ¼ sdt

- Air gula merah kental (larutan 50 gr gula merah dengan 25 ml air, rebus mengental)

Cara membuat Kue Talam

1.Masukan santan dan air kelapa ke dalam panci, lalu rebus dengan tambahan gula pasir dan garam. Aduk perlahan sampai mendidih.

2.Ayak tepung sagu sampai halus lalu siram dengan rebusan air santan sedikit demi sedikit sambil diaduk dan diuleni sampai terasa licin.

3.Siapkan air kelapa dan air gula merah.

4.Bagi dua adonan, adonan pertama di siram dengan air kelapa, aduk sampai tercampur merata. Adonan kedua disiram dengan air gula merha, aduk sampai tercampur merata.

5.Siapkan adonan, tuang ke dalam cetakan mangkok kue talam satu lapis adonan coklat (camuran air gula merah). Kukus selama ±10 menit sampai setengah matang. Kemudian tuang adonan putih (campuran air kelapa) di atasnya, lalu kukus kembali selama ±10 menit sampai matang. Angkat dan keluarkan kue talam dari cetakan. Kue talam siap disajikan.

Demikian Resep Dan cara Membuat Kue Talam Spesial,Menu kue ini dapat anda sajikan untuk camilan keluarga saat santai atau bisa anda jadikan sebagai menu berbuka puasa yang spesial.Selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Dan Cara Membuat Kue Talam Spesial