Blog Kumpulan aneka hidangan makanan tradisional indonesia cara membuat masakan dengan bahan praktis sedap dalam sekejap mudah dan enak.

Sunday, June 19, 2016

Resep Dan Cara Membuat Kue Putu Ayu Empuk Lezat

Resep Dan Cara Membuat Kue Putu Ayu Empuk Lezat, Kue putu ayu adalah salah satu kue basah yang sangat empuk dan lembut.Kue basah ini merupakan kue jajanan pasar yang sangat mudah dijumpai.Kue putu ayu memiliki bentuk dan warna yang indah,biasanya berwarna hijau muda cerah. Kue ini sudah sangat terkenal dan populer juga banyak digemari oleh semua orang,dari mulai anak-anak sampai pada orang dewasa.Kue ini juga biasa dijadikan takjil untuk berbuka puasa.Meskipun kue ini banyak terdapat dipasaran,tidak ada salahnya kalau kita mencoba untuk membuat kue putu ayu hasil olahan sendiri supaya lebih terjamin kesehatan dan kebersihannya.Membuat kue putu ayu tidaklah sulit bahkan sangat mudah karena proses dan cara membuatnya hampir sama dengan membuat kue-kue pada umumnya.
kue putu ayu
kue putu ayu

Bahan-bahan :

300 gram tepung terigu

250 gram gula pasir

250 ml santan

4 butir telur

1 sdm pasta pandan

1 sdt garam

1/2 buah kelapa

Cara membuat kue putu ayu :

1.Siapkan wadah berukuran agak besar (mangkuk mixer), masukkan telur dan gula, kocok hingga mengembang dan menjadi putih menggunakan mixer.

2.Matikan mixer, masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit, kemudian aduk adonan hingga tercampur rata.

3.Setelah itu, tambahkan santan dan pasta pandan, kemudian aduk kembali hingga adonan tercampur dengan baik.

4.Siapkan cetakan dan olesi dengan sedikit minyak. Masukkan (sambil ditekan) kelapa parut yang telah dikukus dan ditaburi garam di dasar cetakan, kemudian tuangkan adonan ke dalam cetakan. Ingat yaah, parutan kelapanya dulu, bukan adonannya dulu. :)

5.Masukkan adonan kuenya ke dalam panci pengukus yang telah dipanaskan sebelumnya. Tutup rapat panci pengukus, kukus selama kurang lebih 15 menit.

6.Jika sudah matang, angkat, keluarkan dari cetakan, dan kue putu ayu pun sudah siap disajikan.

Demikian Resep Dan Cara Membuat Kue Putu Ayu Empuk Lezat,Kue ini sangat pas anda jadikan menu berbuka puasa atau camilan disaat anda santai.Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Dan Cara Membuat Kue Putu Ayu Empuk Lezat