Blog Kumpulan aneka hidangan makanan tradisional indonesia cara membuat masakan dengan bahan praktis sedap dalam sekejap mudah dan enak.

Sunday, June 19, 2016

Resep Dan Cara Membuat Kue Lumpur Lezat

Resep Dan Cara Membuat Kue Lumpur Lezat, Kue Lumpur merupakan makanan kecil atau hidangan kecil sederhana yang sangat cocok untuk disajikan dalam berbagai moment atau acara seperti acara pernikahan ,acara arisan , pertemuan keluarga ,atau sekedar untuk hidangan santai keluarga.Kue Lumpur merupakan makanan yang sangat cocok sebagai alternatif untuk cemilan anak-anak dan keluarga.Rasanya yang sedap manis dan bahan pokok yang digunakan yaitu kentang yang merupakan bahan makanan yang bisa membuat perut kenyang dan memberikan tenaga bagi tubuh kita sehingga secara tidak langsung juga menambah energi kita.
kue lumpur
kue lumpur

Bahan yang dibutuhkan :

500 gram Kentang kukus yang dihaluskan lembut

250 gram Gula pasir

250 gram Tepung terigu

100 gram Kismis

100 gram Margarin

½ Sendok teh Garam

½ Sendok teh Vanili

500 cc Santan

2 butir Kuning Telur dan Putih Telur

Cara membuat kue lumpur :

1.Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan semua alat yang dibutuhkan yaitu mixer , cetakan dan beberapa wadah untuk mencampurkan bahan.

2.Selanjutnya persiapkan Telur dan gula kemudian campurkan dan aduk/kocok merata sampai mengembang.

3.Seiring dengan mengaduk bahan tadi kita bisa masukkan vanili dan garam secara perlahan dan merata sambil terus mengaduk

4.Selanjutnya kita bisa memasukkan santan dengan perlahan dan memperlambat kecepatan saat mengaduk.

5.Lalu masukkan bahan utama dari kue lumpur ini yaitu kentang yang sudah dikukus halus, aduk secara merata dan masukkan terigu secara perlahan sambil terus diaduk.

6.Setelah adonan dirasa sudah benar2 tercampur dengan rata dan mengembang tinggal campurkan margarin yang meleleh untuk campuran akhir.

7.Tahap selanjutnya yaitu menyiapkan cetakan kue lumpur dengan memanaskan diatas bara api yang cukup dan jangan lupa untuk mengolesi mentega terlebih dahulu.

8.Kemudian tuangkan adonan kue lumpur istimewa tadi ke cetakan kue yang sudah siap, tuangkan ¾ adonan dari cetakannya. Tutup cetakan dan jangan lupa selalu melihat kondisi warna kue hingga berwarna kuning matang atau sedikit coklat.

9.Setelah matang beri topping atau atasannya dengan kismis, untuk variasinya kita bisa menggantikan kismis dengan irisan nangka,kelapa muda atau pisang rebus untuk rasa yang berbeda-beda sesuai dengan selera.

Demikian Resep Dan Cara Membuat Kue Lumpur Lezat,Kue ini bisa anda jadikan sarapan untuk keluarga atau sebagai menu berbuaka puasa yang spesial.Selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Dan Cara Membuat Kue Lumpur Lezat