Blog Kumpulan aneka hidangan makanan tradisional indonesia cara membuat masakan dengan bahan praktis sedap dalam sekejap mudah dan enak.

Sunday, June 19, 2016

Resep Dan Cara Membuat Kue Kacamata Lezat Mantap

Resep Dan Cara Membuat Kue Kacamata Lezat Mantap, Kue tradisional yang satu ini rasanya mungkin masih terasa asing didengar, hal ini wajar saja karena kue kaca mata ini juga mempunyai nama yang berbeda di berbagai daerah tertentu seperti di daerah Jawa Barat yang dinamakan kue Putri Noong, dan kue Moto Kebo pada daerah Jawa Tengah, serta kue mata roda di berbagai daerah diindonesia.Kue ini dinamakan kue kaca mata dikarenakan bentuknya yang mirip kaca mata jika kedua potong kue tersebut didekatkan satu sama lain. Kue kaca mata ini berbahan dasar singkong, pisang serta taburan kelapa parut.
kue kacamata
kue kacamata

Bahan Membuat Kue Kaca Mata :

500 gram singkong (kupas, kemudian parut)

Pisang raja tua atau pisang tanduk (rebus)

¼ sendok teh garam

100 gram gula pasir

¼ sendok teh vanili

¼ butir kelapa muda, parut

Pewarna kue (sesuai selera)

Urap kelapa secukupnya

Tali

Daun pisang secukupnya (untuk membungkus)

Cara Membuat Urap Kelapa:

1 butir kelapa diparut kasar, kemudian tambahkan ¼ sendok teh garam, setelah itu kukus selama kurang lebih 5 menit agar urap menjadi tahan lebih lama.

Cara Membuat Kue Kaca Mata:

1.Langkah pertama, peras parutan singkong, lalu buang acinya, kemudian campur dengan gula pasir, vanili, garam secukupnya dan kelapa parut. Setelah itu aduk sampai merata.

2.Selanjutnya, berikan pewarna kue (sesuai selera anda) pada adonan yang sudah kalis. lalu kupas pisang rebus dan bungkus dengan menggunakan adonan tersebut hingga pisang tertutup semuanya. Setelah itu gulung dengan menggunakan daun pisang (seperti membuat lontong), kemudian ikat kedua ujungnya dengan menggunakan tali.

3.Terakhir, kukus kurang lebih selama 1 jam sampai matang, lalu dinginkan, kemudian angkat dan lepaskan dari daun pisang. Setelah itu potong melintang kira kira setebal 2 cm. Lalu taburi dengan urap kelapa, kemudian kue kacamata buatan anda siap untuk disajikan.

Demikian Resep Dan Cara Membuat Kue Kacamata Lezat Mantap,Resep menu ini bisa anda jadikan camilan spesial bagi keluarga anda atau anda sajikan sebagai menu berbuka puasa.Selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Dan Cara Membuat Kue Kacamata Lezat Mantap