Blog Kumpulan aneka hidangan makanan tradisional indonesia cara membuat masakan dengan bahan praktis sedap dalam sekejap mudah dan enak.

Wednesday, June 29, 2016

Resep Dan Cara Membuat Kue Jongkong Surabaya Lezat

Resep Dan Cara Membuat Kue Jongkong Surabaya Lezat, Jongkong Surabaya adalah jajanan manis basah yang bentuk dan teksturnya hampir mirip kue lapis.Kue lapis dengan Jongkong Surabaya juga sama-sama menggunakan tepung beras sebagai bahan baku utamanya,nah perbedaannya ada pada perbedaan layer warnanya. Jongkong Surabaya umunya berwarna hitam dan hijau dan rasa Jongkong Surabaya lebih otentik karena menggunakan pewarna alami yang terbuat dari tumbuhan.Warna hijau berasal dari daun suji dan warna hitamnya dari abu merang yang dicairkan.Rasanya manis,legit dan aroma dari daun suji dan abu merang pun akan tercium ketika Anda memakan Jongkong Surabaya ini.
kue jongkong surabaya
kue jongkong surabaya

Bahan-bahan

500 gram tepung beras

200 gram gula pasir

1 sdt garam

1600 ml santan dari ½ butir kelapa

2 sdm air kapur sirih

10 sdm abu merang, ayak, larutkan dengan 50 ml air

50 ml daun suji-pandan

200 gram kelapa ½ tua, diparut memanjang, kukus bersama 1 sdt garam

Minyak secukupnya, untuk mengoles

Cara membuat

1.Campur tepung beras, gula pasir, garam, santan, dan air kapur sirih, aduk rata

2.Bagi adonan menjadi 2 bagian

3.Sebagian dicampur dengan air abu merang dan sebagian lagi dicampur dengan air daun suji

4.Ambil loyang ukuran 20x20x3 cm, olesi dengan minyak. Tuang 6 sdm adonan abu merah, ratakan, dan kukus selama sekitar 5 menit. Lakukan hal yang sama sampai adonan habis secara berselang-seling

5.Terakhir kukus selama 30 menit hingga matang, angkat

6.Setelah dingin, potong-potong dan taburi kelapa parut

7.Sajikan

Demikian Resep Dan Cara Membuat Kue Jongkong Surabaya Lezat,Jika di daerah Anda sulit mencari dan menemukan abu merang, sebenarnya dapat Anda ganti dengan mengakalinya menggunakan pasta coklat atau moka tetapi mungkin Anda akan kehilangan sentuhan tradisional dari cita rasa Jongkong Surabaya ini. Abu merang nya mungkin bisa Anda cari di kerabat yang bertempat tinggal di daerah pedesaan mungkin bisa ditemukan, nah ketika mengunjungi kerabat baru deh bisa Anda ambil abu merangnya. Tidak apalah sesekali repot sedikit demi mendapatkan rasa yang otentik dari jajanan tradisional ini.Selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Dan Cara Membuat Kue Jongkong Surabaya Lezat