Blog Kumpulan aneka hidangan makanan tradisional indonesia cara membuat masakan dengan bahan praktis sedap dalam sekejap mudah dan enak.

Thursday, June 30, 2016

Resep Dan Cara Membuat Kue Jongkong Medan Enak Spesial

Resep Dan Cara Membuat Kue Jongkong Medan Enak Spesial, Panganan unik ini berasal dari Provinsi Sumatera Utara, lebih tepatnya berada di Kota Medan. Untuk anda yang masih belum mengetahui panganan ini. Makanan ini merupakan makanan yang paling sering dicari saat berbuka puasa. Biasanya dijadikan menu tajil di daerah sana. Bentuknya yang lembut serta rasanya yang manis, membuat makanan ini banyak dijajakan saat berbuka puasa.Kue Jongkong ini terbuat dari tepung beras yang dicampur air, lalu dimasak sambil terus diaduk hingga mengental.Saat dimasak, adonan tepung beras ini dimasukan daun pandan untuk membuat adonan ini menjadi warna hijau dan memiliki aroma khas daun pandan.Setelah matang, jongkong didiamkan hingga dingin dan mengental.Saat sudah dingin, jongkong akan dimasukkan kedalam daun pisang serta diberi tambahan pelengkap seperti santan,parutan kelapa muda,gula merah,dan gula pasir.Jika semua sudah dimasukkan,jongkong lalu dimasak kembali dengan cara di kukus.Baru anda bisa menikmati kue jongkong yang manis ini.
kue jongkong medan
kue jongkong medan

Bahan-bahan membuat kue jongkong :

350 gram tepung beras, ayak dahulu

350 gram tepung tapioka, pilih kualitas bagus

1/2 sdt garam dapur halus

350 gram gula merah, iris halus

1 buah kelapa muda

3 sdt cairan air kapur sirih

50 ml perasan daun suji

santan kelapa kental secukupnya

Cara Membuat Kue Jongkong Medan :

1.siapkan wadah untuk mencampur tepung tapioka, tepung beras, santan kental, perasan daun suji, air kapur siri, dan sedikit garam, aduk hingga tercampur rata

2.tambahkan kedalam adonan irisan gula merah yang sudah disiapkan, aduk sampai merata hingga kental dan halus

3.ambil secukupnya adonan dan simpan diatas daun pisang, bentuklah seperti lipatan amplop dan semat menggunakan lidi, lakukan sampai selesai

4.simpanlah semua adonan kue yang telah dibungkus diatas pengukus, dan tunggu sampai daun berubah warna dan matang

5.angkat lah kue yang sudah dikukus, dan tiriskan sampai dingin

6.kue jongkong khas bangka siap disantap

Sekian Resep Dan Cara Membuat Kue Jongkong Medan Enak Spesial,untuk menambah nikmat dalam menyantap kue jongkong ini silahkan anda taburi kue dengan kerokan kelapa muda diatasnya, agar lebih lezat dan nikmat.Selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Dan Cara Membuat Kue Jongkong Medan Enak Spesial