Blog Kumpulan aneka hidangan makanan tradisional indonesia cara membuat masakan dengan bahan praktis sedap dalam sekejap mudah dan enak.

Saturday, June 11, 2016

Resep Dan Cara Membuat Bubur Sumsum Kuah Durian Harum Lezat

Resep Dan Cara Membuat Bubur Sumsum Kuah Durian Harum Lezat, Di Indonesia banyak sekali jenis bubur yang terkenal, tidak hanya bubur ayam saja, bubur kacang hijau, namun ada juga bubur sumsum. Berbeda dari bubur ayam yang dibuat dari beras putih, bubur sumsum dibuat dari tepung beras yang kemudian disiram dengan kuah gula aren.Sayangnya bubur sumsum tidak mudah untuk didapatkan karena para pedagang keliling yang biasa menjual bubur sumsum semakin lama semakin berkurang. Maka alangkah baiknya jika Anda membuat sendiri bubur sumsum di rumah, tidak sulit kok, cukup dengan mengikuti resep bubur sumsum berikut ini.
bubur sumsum kuah durian
bubur sumsum kuah durian

Bahan:

- Untuk membuat bubur sumsum yang lembut dan gurih Anda harus menyediakan beberapa bahan-bahannya, seperti 100 gram tepung beras yang sudah siap pakai.

- Siapkan pula tiga perempat sendok teh garam.

- Siapkan 950 ml santan yang diambil dari satu butir kelapa yang sudah diparut.

- Siapkan 50 ml air suji pandan yang diambil dari 15 lembar daun suji serta dua lembar daun pandan yang semuanya telah ditumbuk.

Bahan untuk membuat saus durian:

- Untuk membuat saus durian karena Anda akan membuat bubur sumsum istimewa, maka Anda membutuhkan 500 ml santan encer yang diambil dari setengah butir kelapa yang telah diparut.

- Siapkan pula 150 gram gula aren yang sudah disisir halus dan 50 gram gula pasir.

- Siapkan seperempat sendok teh garam.

- Agar lebih bervariasi, siapkan 50 gram kolang kaling yang sudah dipotong membujur kedua bagiannya dan tidak lupa menyiapkan 200 gram daging buah durian yang sudah matang.

Cara membuat bubur sumsum:

1.Langkah pertama untuk membuat bubur sumsum adalah melarutkan tepung beras dengan garam dan juga 200 ml santan dan aduk merata. Di tempat yang berbeda, didihkanlah sisa santan yang Anda miliki dan masukkan air suji pandan sambil terus menerus diaduk sehingga santan yang dimasak tidak pecah.

2.Setelah itu, tuangkan larutan tepung beras ke dalamnya dan aduk terus sampai matang dan menjadi lebih kental. Pastikan jika adonan tidak mengalami penggumpalan saat dimasak dan masaklah terus menerus hingga matang baru kemudian sisihkan.

3.Setelah adonan bubur sumsum selesai dibuat, yang harus Anda lakukan saat ini adalah membuat saus duriannya. Langkah pertama adalah mendidihkan santan bersama dengan gula aren, garam, gula pasir dan juga kolang kaling dan masaklah hingga gula larut.

4.Lantas lanjutkan cara membuat bubur sumsum dengan masukkan daging buah duriannya dan aduk kembali hingga menjadi rata dan didihkan baru kemudian diangkat setelah matang.

5.Sajikan bubur sumsum dalam sebuah mangkuk berukuran sedang bersama saus durian yang disajikan secara terpisah atau langsung disiramkan di atas bubur sumsum, keduanya pun nikmat.

Demikian Resep Dan Cara Membuat Bubur Sumsum Kuah Durian Harum Lezat,Menu ini bisa anda jadikan sebagai hidangan untuk berbuka puasa atau sebagai makanan camilan spesial bagi anggota keluarga anda.Selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Dan Cara Membuat Bubur Sumsum Kuah Durian Harum Lezat