Blog Kumpulan aneka hidangan makanan tradisional indonesia cara membuat masakan dengan bahan praktis sedap dalam sekejap mudah dan enak.

Thursday, June 30, 2016

Resep Dan Cara Membuat Bubur Kampiun Enak Lezat

Resep Dan Cara Membuat Bubur Kampiun Enak Lezat, Setelah dengan khusu' menjalani ibadah puasa dan menahan lapar di siang hari,tibalah beduk azan maghrib sebagai tanda berbuka puasa telah tiba.Tentunya sajian menu untuk berbuka puasa alias takjil telah siap tersedia dengan pilihan selera masing-masing,karena memang makna ta'jil itu sendiri adalah menyegerakan.Kolak merupakan menu makanan untuk buka puasa tradisional yang paling favorit,kolak pisang, kolak ubi,singkong,labu kuning atau jenis kolak lainnya yang berkuah kental,manis dan gurih. Informasi resep pada kesempatan kali ini resep menu takjil yang kami berikan adalah resep bubur kampiun untuk berbuka puasa yang dapat anda coba menjadi alternatif santapan yang manis dan segar.
bubur kampiun enak lezat
bubur kampiun enak lezat

Bahan Kolak Pisang :

2 buah pisang tanduk, potong2

500 ml santan

150 gr gula merah

1 sdt garam

1 lembar daun pandan

Bubur Candil :

150 gr tepung ketan

½ sdt garam

¼ sdt air kapur sirih

100 ml air hangat

300 ml air

100 gr gula merah

1 lembar daun pandan

1 sdm tepung beras, larutkan dengan sedikit air

Bubur Sumsum :

300 ml santan

½ sdt garam

1 lbr daun pandan

100 gr tepung beras, cairkan dengan sedikit santan

Ketan Hitam :

250 gr ketan hitam kukus, siap pakai

½ btr kelapa setengah tua, parut panjang

CARA MEMBUAT BUBUR KAMPIUN :

1.Kolak pisang; Didihkan santan, gula merah, garam dan daun pandan. Masukkan potongan pisang lalu masak hingga pisang matang, angkat dan sisihkan.

2.Bubur Candil; Campur rata tepung ketan, garam dan air kapur sirih. Tuang air hangat, uleni hingga menjadi adonan yang bisa dibentuk. Ambil sedikit adonan lalu bentuk bola-bola kecil, sisihkan.

3.Didihkan air, gula merah dan daun pandan. Masukkan bola-bola kecil lalu masak hingga mengapung. Tambahkan larutan tepung beras, masak hingga kental lalu angkat dan sisihkan.

4.Bubur Sumsum; Masak santan, garam dan daun pandan hingga mendidih. Masukkan larutan tepung beras, aduk sampai matang dan kental. Angkat, sisihkan.

5.Penyajian; Siapkan mangkuk, letakkan bubur sumsum, bubur candil, kolak pisang, ketan kukus, dan kelapa parut. Sajikan untuk 4 porsi.

Demikian Resep Dan Cara Membuat Bubur Kampiun Enak Lezat,Menu ini memang pas anda sajikan untuk hidangan berbuka puasa keluarga tercinta.Selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Dan Cara Membuat Bubur Kampiun Enak Lezat