Blog Kumpulan aneka hidangan makanan tradisional indonesia cara membuat masakan dengan bahan praktis sedap dalam sekejap mudah dan enak.

Tuesday, June 28, 2016

Resep Dan Cara Membuat Bubur Candil Spesial Mantap

Resep Dan Cara Membuat Bubur Candil Spesial Mantap, Bubur Candil merupakan salah satu masakan khas Indonesia  Dan bubur ini hampir selalu ada sebagai ta’jil di bulan ramadhan. Strukturnya yang lembut serta rasanya yang manis mungkin memang cocok sebagai menu pembuka puasa,setelah perut kosong seharian.Selain itu bubur candil biasanya hadir sebagai menu utama dalam acara nujuh bulanan adat Jawa.Candil sendiri adalah berupa bulatan-bulatan kenyal yang biasanya terbuat dari ketan putih.Pembuatan candil sendiri sangat mudah dan praktis.Untuk anda yang tidak memiliki waktu luang teralalu banyak untuk bereksperimen dalam memasak tidak perlu khawatir,karena resep bubur candil ini tidak akan membutuhkan banyak waktu.
bubur candil
bubur candil

Bahan Bubur:

1.000 ml air

3 lembar daun pandan

150 gram gula merah, sisir

½ sdt garam

50 gram tepung ketan putih

20 gram tepung sagu

100 ml air, untuk melarutkan

Bahan Candil:

150 gram tepung ketan putih

½ sdt garam

120 ml air hangat

20 ml air campuran daun suji dan daun pandan (10 lembar daun suji dan 1 lembar daun pandan)

Bahan Saus Santan:

600 ml santan, dari 1 butir kelapa

½ sdt garam

1 lembar daun pandan

Cara membuat

1.Candil: campur tepung ketan dan garam. Aduk rata. Tuang air hangat dan air daun suji sedikit-sedikit sambil diaduk sampai rata. Bentuk bulat. Lalu sisihkan.

2.Bubur: larutkan tepung ketan, tepung sagu, dan air. Kemudian sisihkan.

3.Rebus air, daun pandan, gula merah, dan garam sambil diaduk hingga mendidih. Masukkan candil masak hingga terapung. Kemudian tambahkan larutan tepung ketan sambil diaduk. Masak hingga mengental.

4.Saus santan: rebus santan, garam, dan daun pandan sambil diaduk hingga mendidih.

5.Sajikan bubur dengan sausnya.

Demikian Resep Dan Cara Membuat Bubur Candil Spesial Mantap,Untuk mendapatkan hasil candil yang kenyal dan bulat sempurna, maka sebaiknya Anda membeli beras ketan, yang kondisinya baik yaitu dengan ciri butiran yang utuh dan tidak cenderung rapuh. Selain itu untuk adonannya sebaiknya jangan diaduk hingga kalis, tetapi biarkan hingga lembek saja.semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Dan Cara Membuat Bubur Candil Spesial Mantap