Blog Kumpulan aneka hidangan makanan tradisional indonesia cara membuat masakan dengan bahan praktis sedap dalam sekejap mudah dan enak.

Wednesday, May 4, 2016

Resep Dan Cara Membuat Steak Tempe Saus Lada Hitam

Resep Dan Cara Membuat Steak Tempe Saus Lada Hitam, Masakan produk asli dari Indonesia ini terbuat dari olahan kedelai yang difermentasi. tempe merupakan masakan yang sering kita temui di pasar-pasar. Selain harganya yang ekonomis, juga mengandung protein yang tinggi. Makanya makanan yang satu ini menjadi idola dikalangan ibu-ibu rumah tangga. tidak hanya sebagai menu lauk, tempe juga bisa dibuat menjadi cemilan.keluarga saya termasuk penggila tempe, karena masakan tempe tidak pernah absen menjadi teman  menu lain dimeja.Bosannya memasak tempe menjadi kering tempe, tempe bacem, mendoan tempe, oseng tempe, dan sambel tempe.Akirnya saya berada di titik kejenuhan dengan olahan tempe yang itu-itu saja. Saya berpikir bagaimana cara mengolah bahan yang sederhana ini menjadi sebuah hidangan yang istimewa. dan ini lah olahan tempe yang beda dari yang lainnya, steak tempe saus lada hitam.
steak tempe saus lada hitam
steak tempe saus lada hitam


BAHAN : 

- 250 gr tempe, kukus 15 menit, haluskan
- 1 sdm margarin
- 2 siung bawang putih, haluskan
- 1/2 buah bawang bombay, cincang halus
- 100 gr daging giling sapi/ayam,kl ga ada bisa pake kornet
- 1 btg daun bawang, iris tipis
- 1 btr telur,kocok
- 50 gr tepung roti
- merica,garam secukupnya


Saus: 

- 1 sdm margarine
- 1/2 bw Bombay cincang
- 1 sdm tepung terigu
- 250 ml air matang
- 1 sdt lada hitam
- 1/2 bks masako
- 1 sdm saus tiram
- 1 sdm kecap manis
- 1 sdm saus tomat
- gula secukupnya


CARA MEMBUAT : 

1.Panaskan margarin, tumis bawang putih & bawang bombay ampe harum.Masukkan daging giling, masak ampe brubah warna. Masukkan daun bawang, aduk ampe layu. Angkat.
2.Campur tempe dgn daging, garam, merica, aduk rata. Ambil 1 sdm adonan burger, bulatkan, pipihkan.
3.Celupkan ke telur kocok, balut tepung roti, panaskan margarin di atas grill plate. Masukkan adonan, masak hingga kuning kecoklatan. Sisihkan.
4.Saus : Panaskan margarin, masak bw Bombay sampe harum. masukkan tepung terigu,aduk rata,masukkan air matang,lada hitam, masako, kecap manis, saus tiram, saus tomat, gula secukupnya. angkat.

Demikian resep dan cara membuat steak tempe saus lada hitam spesial, jangan lupa Siramkan saus lada hitamnya di atas steak tempe, hidangan ini dapat ditambahkan dengan ketang goreng, buncis dan wortel.sekarang steak tempe saus lada hitamnya siap disajikan. Sajikan saat steak masih hangat ya!!Bagaimana?Tertarik untuk mencoba?Semoga resep menu kali ini bermanfaat bagi anda yang sedang ingin berkreasi ya.Selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Dan Cara Membuat Steak Tempe Saus Lada Hitam