Blog Kumpulan aneka hidangan makanan tradisional indonesia cara membuat masakan dengan bahan praktis sedap dalam sekejap mudah dan enak.

Thursday, May 12, 2016

Resep Dan Cara Membuat Mushed Potatoes Gurih Creammy

Resep Dan Cara Membuat Mushed Potatoes Gurih Creammy, Kentang atau umbi dengan kandungan karbohidratnya ini menjadi salah satu tanaman pangan yang dapat tumbuh dengan baik di Indonesia. Bahkan,sangat disarankan bisa masyarakat gunakan sebagai pengganti nasi.Memiliki berbagai macam varietas,namun di Indonesia hanya kentang kuninglah yang populer untuk dijadikan bahan konsumsi.Rasanya lebih enak dan gurih dengan tekstur empuk ditambah sedikit berair.Sebelum diolah,kentang harus dibersihkan dengan air mengalir.Bagian mata umbinya harus benar-benar bersih.Untuk mengupasnya, Anda bisa menggunakan piller. Kemudian,sebelum masuk ketahapan pemasakan atau pengolahan,kentang harus direndam terlebih dahulu dalam air garam. Kentang diolah dalam berbagai macam cara, digoreng, direbus, dan dipanggang.Tapi kali ini kita akan coba membuat salah satu resep western yang berbahan kentang yaitu mushed potatoes.
muhed potatoes
muhed potatoes

Bahan:

- kentang 500 gram, potong bentuk dadu dan rendam dalam air garam.
- Mentega, 4 sendok makan. Mentega dan margarin merupakan 2 bahan yang berbeda dengan rasa dan aroma yang berbeda pula. Mentega merupakan pilihan tepat untuk membuat mashed potato agar aroma serta rasanyanya lebih gurih.
- Susu cair, 150 cc.
- Keju cheddar, kurang lebih 3 sendok makan atau sesuai selera. Kemudian, parut.
- Garam, secukupnya.
- Merica bubuk, secukupnya.


Cara Membuat:

1.Kukus kentang hingga matang dan terasa empuk. Tes menggunakan garpu untuk mengetahui sudah matang atau belumnya. Kentang yang matang, saat tusukan garpu dikeluarkan akan sangat mudah dan tekstur kentangnya jadi mudah hancur.
2.Siapkan mangkuk, hancurkan kentang yang sudah matang tadi dengan garpu. Pastikan Anda menghancurkan kentang tersebut sampai lumat. Garpu merupakan alat sederhana, untuk hasil lebih baik lagi, jika Anda memiliki ricer atau potato masher, gunakan alat tersebut.
3.Tambahkan mentega selagi kentang tersebut masih dalam keadaan panas. Aduk hingga mentega yang dicampurkan meleleh dan tercampur sempurna dengan kentang tersebut.
4.Kemudian, tambahkan susu cari, serta garam dan merica secukupnya. Aduk hingga kentang dan susu serta bumbunya tercampur rata.
5.Panaskan panci kecil. Ambil saringan, jika ada lebih baik gunakan sarungan dari kawat. Letakan di atas panci tersebut.
6.Perlahan-lahan, saring kentang sambil didorong hingga kentang melewati saringan tersebut dan masuk ke dalam panci. Tujuan penyaringan ini adalah menghaluskan kentang tersebut agar semakin halus lagi.
7.Masukkan parutan keju ke dalam kentang tersebut dan aduk seluruh bahan hingga lumat. Gunakan api kecil dan aduk secara cepat.
8.Setelah matang, angkat dan sajikan.

Sekian Resep Dan Cara Membuat Mushed Potatoes Gurih Creammy, Anda bisa menyajikan hasil jadi dari mashed potato tersebut dengan steak, atau bisa juga bagi yang sedang diet dengan salad maupun sayuran rebus. Sering kali, yang membuat resep ini di rumah mengeluh jika hasil masakannya menggumpal atau terlalu cair. Hal ini tidak akan terjadi jika Anda memilih kentang dengan jenis yang tepat. Selain itu, dalam proses pengolahan seperti yang dijelaskan di atas, Anda harus merendam terlebih dahulu kentang dengan air yang diberi garam. Jika Anda tidak mengukus dan merebusnya, maka pemberian garam bisa saat merebus. Jika tidak, maka hasil mashed potato Anda rasanya akan menjadi kurang gurih. Setelah kentang direbus, pastikan Anda meniriskannya terlebih dahulu. Cara ini akan membuat kentang tidak begitu berair sehingga rasanya enak. Penumbukan kentang harus dilakukan dengan cara yang ringan, tidak boleh terlalu kuat. Terakhir, jika Anda menggunakan susu atau mentega yang dikeluarkan dari dalam lemari es, maka tunggu sampai suhunya berubah sesuai dengan suhu ruang terlebih dahulu.Selamat Mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Dan Cara Membuat Mushed Potatoes Gurih Creammy