Blog Kumpulan aneka hidangan makanan tradisional indonesia cara membuat masakan dengan bahan praktis sedap dalam sekejap mudah dan enak.

Saturday, May 28, 2016

Resep Dan Cara Membuat Kue Lidah Kucing Pandan Coklat spesial

Resep Dan Cara Membuat Kue Lidah Kucing Pandan Coklat spesial, Kue lidah kucing biasanya kita jumpai pada saat perayaan hari raya besar idul fitri. Yang saya tahu, rasanya hampir mirip seperti egg roll cookies yang dijual dipasaran. Dan lagi,kenapa harus disebut kue lidah kucing? Mengenai bentuknya, memang mirip seperti lidah kucing.Ada sejarahnya juga mengenai kue kering lidah kucing ini.Mau tahu sejarahnya?Kue lidah kucing sendiri adalah sejenis kue kering yang bentuknya seperti lidah kucing (panjang dan tipis) yang diciptakan pertama kali berasal dari Belanda. Kue lidah kucing ini memiliki rasa yang enak,gurih dan renyah.Akhirnya dari belanda, kue ini masuk ke Indonesia seiring dengan zaman masa kolonialisasi Belanda.Dalam bahasa Belanda, kue ini dinamakan "Katte Tong".Di Indonesia, kue lidah kucing sudah dikenal dan beredar secara luas di seluruh nusantara. Banyak yang menyukai kue lidah kucing ini. Kue kering ini menjadi sajian khas tersendiri di musim perayaan-perayaan besar seperti hari raya seperti Idul Fitri, Natal dan tahun baru Imlek.
kue lidah kucing pandan coklat
kue lidah kucing pandan coklat

Bahan Utama :

- 160 gram tepung terigu protein rendah
- 50 gram tepung gula (diayak)
- 200 gram margarin
- 10 gram susu bubuk
- 100 gram tepung gula
- 5 putih telur
- pewarna makanan hijau secukupnya
- selai coklat untuk hiasan

Cara membuatnya :

1.Aduk margarin sampai lembut. Kemudian masukkan 50gram tepung gula. Aduk lagi sampai benar-benar lembut kira - kira 10 menit.

2.Tambahkan tepung terigu dan susu bubuk sambil diayak secara perlahan. Aduk rata dan sisihkan.

3.Kocok putih telur sampai setengah mengembang. Tambahkan tepung gula sedikit demi sedikit sambil dikocok sampai adonan mengembang. Gunakan sendok untuk mengambil 1sdm putih telur ke dalam adonan tepung secara perlahan sambil diaduk.

4.Ambil kantong segitiga dan masukkan adonan kedalamnya. Gunting ujungnya, semprotkan dalam loyang lidah kucing yang sebelumnya sudah dioles margarin.

5.Masukkan ke dalam oven. Panggang selama 15 menit dengan suhu 140 derajat celsius.

6.Setelah matang dingikan sebentar lalu susun rapi dalam toples.

tulah cara mudah dan sederhana dalam membuat resep kue kering lidah kucing yang renyah. Wah, ternyata simple juga ya.Semoga resep ini bermanfaat untuk keluarga anda dan selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Dan Cara Membuat Kue Lidah Kucing Pandan Coklat spesial