Blog Kumpulan aneka hidangan makanan tradisional indonesia cara membuat masakan dengan bahan praktis sedap dalam sekejap mudah dan enak.

Tuesday, May 10, 2016

Resep Dan Cara Membuat Ikan Bandeng Isi Bumbu Pedas Yang Mantap

Resep Dan Cara Membuat Ikan Bandeng Isi Bumbu Pedas Yang Mantap, Ikan bandeng memiliki daging yang padat dengan rasa yang gurih. Namun kadang kita harus berpikir lagi jika harus menikmati bandeng karena durinya yang banyak dan halus. Tapi dengan adanya bandeng presto kita sudah tak direpotkan lagi dengan duri-duri ikan ini. Dan, ada satu lagi olahan ikan bandeng yang tanpa dipresto juga dapat kita nikmati dengan aman.Seperti bandeng isi ini.

ikan bandeng isi bumbu pedas
ikan bandeng isi bumbu pedas
Bahan: 
1 ekor bandeng, berat +/- 750 gr
3 lembar roti tawar
1 btr telur ayam untuk isi
1 btr telur ayam untuk mengoles
1 sdm minyak untuk menumis
1 sdt kecap manis

Bumbu halus : 
5 btr kemiri
5 siung bawang putih
3 buah cabai merah
1 iris jahe
2 lbr daun jeruk
1 sdm gula pasir

Cara Membuat :
1.Ikan bandeng dibuang sisiknya dan cuci sampai bersih. Bandeng dibersihkan dengan mengeluarkan insang dan isi perutnya melalui insang, lalu dicuci sampai bersih.Tarik bagian kepala dan ekor secara bersamaan, sampai berbunyi supaya lepas durinya. Pukul-pukul badan bandeng agar daging hancur dan lepas dari kulitnya dengan memakai penumbuk kayu.Belah sedikit kulit di bawah kepala lalu keluarkan daging ikan melalui lubang tersebut sambil perlahan-lahan kulit dibalik melalui lubang itu untuk memudahkan mengambil dagingnya sampai bersih dan tinggal kulit bersama ekor dan kepala, cuci bersih.
 2.Daging bandeng yang telah dikeluarkan tadi letakkan dalam wajan, beri sedikit air dan jerang di atas api sehingga duri-duri lepas dari daging, angkat. Daging yang telah dijerang tadi kemudian dipilih dan dibersihkan dari durinya, lalu masukkan daging yang telah bebas dari duri-duri tadi ke dalam 1 buah mangkok. Campur daging ikan yang telah bersih dari duri tadi dengan roti dan diblender sampai halus dan campur dengan bumbu yang dihaluskan dan 1 btr telur. Setelah semua tercampur dengan rata, masukkan kembali campuran ini ke dalam badan ikan bandeng yang berbentuk kulit, diisi penuh sampai berbentuk ikan seperti semula.Bandeng yang sudah diisi tadi dibungkus daun pisang dan dikukus sampai masak (sekitar 30 menit), angkat. Setelah dingin buka daun pisangnya, pecahkan telur ayam, beri sedikit garam, dan balurkan ke seluruh badan ikan.
3.Panggang di oven sampai kering, kuning kecokelatan, angkat. Hidangkan dengan diiris-iris.

Demikianlah resep dan cara membuat ikan bandeng isi bumbu pedas mantap,menu ini bisa dijadikan menu spesial diatas meja makan anda yang dapat disajikan untuk keluarga tercinta anda,selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Dan Cara Membuat Ikan Bandeng Isi Bumbu Pedas Yang Mantap