Blog Kumpulan aneka hidangan makanan tradisional indonesia cara membuat masakan dengan bahan praktis sedap dalam sekejap mudah dan enak.

Sunday, May 29, 2016

Resep Dan Cara Membuat Es Selendang Mayang Spesial Segar

Resep Dan Cara Membuat Es Selendang Mayang Spesial Segar, anda pasti sudah tak asing lagi dengan minuman yang menyegarkan ini apalagi kalau anda orang betawi. Ya. Es Selendang Mayang ini merupakan salah satu sajian minuman khas betawi yang sangat menyegarkan kala kita sedang haus.Minuman ini juga sangat cocok anda sajikan ketika anda sedang berkumpul bareng sama teman maupun keluarga anda yang dirumah.Dan meskipun minuman ini sekarang memang sudah jarang dijumpai dipenjual es namun anda juga jangan kawatir karena kami bisa kasih anda rahasia resepnya untuk anda agar anda bisa membuatnya dirumah dan sajikan untuk keluarga tercinta.
es selendang mayang
es selendang mayang

Bahan Dasar Minuman Es Selendang Mayang:

- Gula pasir 125 g

- Tepung sagu aren 100 g

- Daun pandan 2 lembar

- Pewarna makanan warna merah muda 1/2 sdt

- Air 750 mil

- Tepung beras 25 g

- Garam 1/2 sdt.

Bahan Dasar kuah santan:

- Garam 1/2 sdt

- Daun pandan 3 lembar dan disobek-sobek

- Santan 750 ml

- Gula pasir 1/2 sdt

- Air Gula merah:

- Garam 1/4 sdt

- Air 300 ml

- Gula merah sisir halus 300 g

Cara Membuat Selendang mayang:

1.Langkah pertama anda campur 250 ml air bersama tepung sagu aren dan tepung beras, lalu sisihkan.

2.Kemudian didihkan sisa air, ditambah daun pandan, lalu garam, dan gula pasir hingga larut. Selesai angkat dan saring.

3.Selanjutnya jerang kembali campuran air dan daun pandan di atas api kecil,lalu masukkan campuran tepung sagu aren, kemudian aduk cepat hingga tercampur rata, dan didihkan. Kemudian angkat.

4.Langkah selanjutnya tuang ke dalam loyang ,lalu ratakan. Kemudian percikan dengan pewarna merah,lalu ratakan dengan kuas, dan sehingga semua permukaannya berwarna merah. Selanjutnya biarkan dingin dan mengeras.


Cara Penyajian Es Selendang Mayang:


Langkahnya potong kecil kecil selendang mayang, dan taruh di dalam gelas, dan serta disirami dengan santan dan air gula. Lalu bisa ditambahkan es batu jika ingin menikmati es dalam keadaan dingin.

Demikian Resep Dan Cara Membuat Es Selendang Mayang Spesial Segar,Menu ini dapat anda sajikan ketika ada pertemuan keluarga,atau pada saat cuaca sedang panas.Menu ini juga cocok sebagai menu berbuka puasa,selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Dan Cara Membuat Es Selendang Mayang Spesial Segar