Blog Kumpulan aneka hidangan makanan tradisional indonesia cara membuat masakan dengan bahan praktis sedap dalam sekejap mudah dan enak.

Friday, May 1, 2015

Resep Dan Cara Membuat Mangut Ikan Lezat

Resep Dan Cara Membuat Mangut Ikan Lezat, akan membahas tentang resep mangut ikan dan juga tentang cara membuat mangut ikan. Mangut ikan adalah makanan khas kota semarang jawa tengah yang berisi ikan lele atau ikan asap yang berbumbu dan berkuah pedas segar. resep mangut bisa  juga dimasak dengan menggunakan ikan pari, ikan tongkol dan juga ikan manyung tergantung selera anda. dan tentu saja cara membuat mangut itu sangat mudah dan sederhana.
resep mangut ikan

mangut ikan

Bahan mangut ikan

1/2 kg Ikan asap / ikan lele / ikan manyung
2 siung bawang putih, iris tipis
5 buah cabe rawit merah, iris
1 btg serai, geprek
3 lbr daun jeruk, buang tulangnya
kemangi (bila suka)
air, secukupnya
garam
gula

Bahan bumbu dihaluskan

6 btr bawang merah
2 btr bawang putih
2 buah cabe merah
4 buah cabe rawit
3 btr kemiri
1/2 sdt ketumbar
1 ruas kunyit
1 ruas jahe

Cara Membuat Mangut Ikan

1. Goreng ikan hingga matang, tiriskan.
2. Tumis bawang putih dan cabe rawit merah hingga layu, masukkan bumbu yang sudah dihaluskan, tambahkan serai dan daun jeruk. Aduk hingga beraroma, masukkan air.
3. Setelah air mendidih tambahkan garam dan gula, lalu masukkan ikan yang sudah digoreng. Aduk sebentar dan tunggu hingga bumbu meresap, masukkan kemangi, aduk lagi. angkat dan hidangkan.

untuk 3 porsi mangut ikan

Mudah, enak, sederhana dan menggugah selera resep dan cara membuat mangut ikan lezat  ala tempat onlineku kali ini. Coba juga resep lainnya, seperti resep kue cubit dan juga resep jenang sirsak. Salam Onliners

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Dan Cara Membuat Mangut Ikan Lezat