Blog Kumpulan aneka hidangan makanan tradisional indonesia cara membuat masakan dengan bahan praktis sedap dalam sekejap mudah dan enak.

Monday, September 29, 2014

Resep Dan Cara Membuat Sponge Cake Bolu Pandan Mudah

Resep Dan Cara Membuat Sponge Cake Bolu Pandan Mudah akan mengulas resep sponge cake pandan dan cara membuat sponge cake bolu pandan yang enak dan mudah, sponge cake adalah salah satu resep kue yang mudah dan bisa divariasikan menjadi beraneka macam rasa. Resep Cara Membuat Sponge Cake Bolu Pandan Mudah ini terinspirasi dari resep sponge cake dasar yang sebelumnya sudah pernah dibahas di tempat online ku. resep sponge cake pandan ini sama dengan resep bolu pandan. Bentuk sponge cake bolu pandan ini sama dengan resep bolu pada umumnya. Rasa sponge cake pandan ini sangat enak dan lezat. cara membuat sponge cake bolu pandan ini sangat mudah. Dan nantinya sobat onliners bisa menghias kue sponge cake pandan ini sesuai dengan selera sobat onliners, misalnya dengan hiasan butter cream, diberi icing fondant, atau cukup dengan olesan margarin atau taburan messes ceres dan keju. Sponge cake ini bisa menjadi kue dasar dalam membuat kue ulang tahun juga lho.


Resep Cara Membuat Sponge Cake Bolu Pandan Mudah

Sponge Cake

Sponge Cake Pandan

Bahan sponge cake pandan

7 btr telur
175 gr gula pasir
2 sdt emulsifier
150 gr tepung terigu
25 gr tepung maizena
30 ml santan
1/4 sdt garam
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt vanili bubuk
70 gr margarin / mentega dilelehkan

Bahan Butter Cream :
200 gr butter
200 ml susu kental manis
200 gr gula halus / gula icing

Bahan Hiasan Sponge Cake :
coklat serut warna warni 
hiasan daisies flower wafer
keju parut
atau sesuai selera sobat onliners

Cara Membuat Sponge Cake Bolu Pandan


Cara Membuat butter cream :
1. Kocok butter dan susu kental manis sampai adonan mengembang dan berwarna agak pucat.
2. Masukkan gula icing sedikit demi sedikit sambil terus dikocok dengan mixer sampai adonan berwarna putih dan mengembang dua kali lipat dari sebelumnya, lalu sisihkan.

Cara Membuat sponge cake pandan : 
1. Kocok telur, gula pasir dan emulsifier atau SP hingga putih dan mengembang.
2. Campur jadi satu bahan-bahan kering yaitu tepung terigu, tepung maizena, garam, vanili bubuk dan baking powder kedalam mangkuk, kemudian ayak hingga halus. 
3. Masukkan campuran tepung sedikit demi sedikit ke dalam adonan telur sambil terus dikocok menggunakan mikser berkecepatan rendah. 
4. Tambahkan pasta pandan dan sedikit pewarna makanan warna hijau agar membuat warna cake lebih terlihat cerah. Lalu mixer lagi dengan menggunakan kecepatan rendah sambil menuang santan sedikit demi sedikit sampai habis dan hentikan.
5. Masukkan margarin yang sudah dilelehkan atau dicairkan kedalam adonan cake sedikit demi sedikit kemudian aduk dengan menggunakan spatula sampai tercampur rata.
6. Siapkan loyang tulban yang berdiameter 22 cm tinggi 7 cm atau loyang bulat diameter 22 cm atau loyang kotak 20x20x7 cm, atau loyang kesukaan sobat onliners, lalu olesi dengan margarin dan alasi dengan kertas roti. Kemudian olesi lagi dengan margarin dan taburi dengan tepung terigu. Setelah itu tuang adonan cake ke dalam loyang.
7. Oven sponge cake dengan suhu 180 derajat celcius selama kurang lebih 45 menit atau sampai matang.
8. Tunggu sampai cake dingin lalu dekorasi atau hias sesuai selera sobat onliners dengan menggunakan butter cream atau yang lainnya.

Tips Membuat Sponge Cake :
Tanda-tanda adonan telur, gula dan SP yang sudah mengembang dan lemas adalah dengan cara, perhatikan jika baling-baling mixer diangkat, adonan yang menempel di baling-baling sudah tidak jatuh lagi ke dalam mangkok.

Sangat mudah ya sobat onliners, Resep Cara Membuat Sponge Cake Bolu Pandan Mudah ini bida di kreasikan sendiri sesuai dengan kesukaan sobat onliners. Jangan lupa coba resep yang lainnya juga seperti resep cara membuat cake pandan vla pandan enak atau mungkin coba juga resep cara membuat stick keju rainbow gurih krispy.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Dan Cara Membuat Sponge Cake Bolu Pandan Mudah