Blog Kumpulan aneka hidangan makanan tradisional indonesia cara membuat masakan dengan bahan praktis sedap dalam sekejap mudah dan enak.

Friday, February 21, 2014

Resep Cara Membuat Roti Abon Enak Ala Bread Talk

Resep Cara Membuat Roti Abon Enak Ala Bread Talk - Setelah kemarin abis dari Bread Talk, akhirnya tergoda juga untuk mengulik resep cara membuat roti seperti di Bread Talk. Roti Abon di bread talk ini dikenal dengan nama Fire Floss. Dan akhirnya terciptalah artikel tentang cara membuat Roti Abon. Roti abon bread talk memang sangat lembut, empuk, enak, dan rasanya sangat istimewa. Tentu saja Resep roti abon ini menggunakan resep spesial, artinya roti abon ini memakai bahan-bahan yang berbeda dari biasanya. Walaupun demikian, saya yakin sobat onliners semua pasti akan sangat suka dengan hasil akhir dari resep membuat roti abon yang empuk dan enak ala bread talk ini.

Resep Cara Membuat Roti Abon Enak Ala Bread Talk

Roti Abon - Fire Floss Bread Talk

Roti Abon / Fire Floss Bread Talk

Bahan Roti :
1 kg Tepung terigu K2 / Tepung terigu ala Bread Talk
225 gr Gula pasir
5 gr Bread improver (Baker's Bonus)
10 gr Bread emulsifier (Ibis Blue)
20 gr Ragi instan
50 gr Susu full cream bubuk
15 gr Garam
200 ml Susu cair full cream
100 gr Kuning telur (± dari 6 butir telur)
350 ml Air es (secukupnya)
100 gr Margarin
100 gr Butter

Bahan Olesan 1 :
Kuning telur, campur dengan sedikit madu

Bahan Olesan 2 :
3 sdm Mayonaise
2 sdm Susu Kental Manis
1 sdm saos tomat botolan

Cara Membuat Roti Abon Ala Bread Talk Fire Floss

1. Campur adonan kering (tepung terigu, gula pasir, bread improver, bread emulsifier, ragi instant, dan susu bubuk full cream) sampai semua bahan rata.
2. Masukkan susu cair, kuning telur, dan air es sedikit sedikit sampai secukupnya dulu (jangan langsung dituang semua air es nya).
3. Mixer adonan sampai menjadi 1/2 kalis.
4. Tambahkan margarin, butter dan garam.
5. Mixer lagi hingga benar-benar kalis.
6. Tutup wadah dengan handuk basah, diamkan adonan selama 20 menit.
7. Kempiskan adonan dan potong menjadi masing-masing 40gr. Bentuk adonan menjadi bulat, lalu diamkan lagi sekitar 30-60 menit sampai mengembang dengan maksimal.
8. Bentuk adonan yang sudah benar-benar mengembang menjadi agak lonjong, lalu oles dengan bahan olesan 1. Kemudian panggang di oven yang bersuhu 170 derajat celcius selama 15 menit.
9. Jika sudah matang angkat dan dinginkan kue, lalu belah sedikit bagian tengahnya dan olesi dengan bahan olesan 2. Untuk olesannya mayonaise + susu kental manis + saos tomat bisa menggunakan perbandingan 4:2:1. Kemudian taburi dengan abon sapi/ayam.

Tips Sukses Membuat Roti abon Ala Bread Talk agar roti empuk dan tahan lama :
1. Dalam tahap proses pembuatan dough (adonan) sampai tahap memanggang harus benar.
2. Jika ingin roti menjadi lebih lembut dan empuk bisa menggunakan Bread Improver dan Bread Emulsifier. Tapi Penggunaan Bread Improver dan Bread emulsifier hanya alternatif saja. Apabila tidak menggunakannya, roti tetap bisa mengembang, tapi hasilnya akan beda tekstur serat dan kekokohannya.
3. Gunakan Mentega / Margarin yang mempunyai titik leleh yang rendah (contoh : Australian Butter )
4. Biasakan untuk tidak langsung menuang bahan cair sekaligus saat membuat adonan, sebaiknya sedikit - sedikit dahulu sampai tahapan adonan yang diinginkan tercapai.
5. Selalu pastikan adonan sudah benar-benar kalis baru memulai tahap rounding. Saat membagi dan menimbang, adonan jangan ditarik. sobat onliners hanya cukup menggunakan pisau untuk membaginya, supaya serat roti terlihat bagus.
6. Rounding ternyata mempengaruhi tekstur roti nantinya. Jadi saat rounding permukaan adonan harus bulat mulus.
7. Untuk membantu proofing (mengembangkan adonan), jika cuaca tidak memungkinkan karena dingin
misalnya, kita bisa menggunakan oven untuk menyimpan adonan. Caranya yaitu, sebelumnya didasar oven diletakkan wadah berisi air panas (bukan mendidih, cukup maksimal 40'C). loyang berisi adonan diletakkan
di rak paling atas. (disini maksudnya, oven hanya berfungsi sebagai lemari, jadi jangan ditaruh di atas kompor menyala).
8. Bungkus roti yang sudah dingin dengan plastik.

Gimana sobat onliners, puas kan dengan resep membuat roti abon ala bread talk atau yang biasa disebut fire floss ini. ada tips nya juga lho biar roti bikinan sobat onliners semua bisa berhasil sukses dan tentunya seperti yang sobat onliners inginkan, empuk, lembut, dan enak tentunya. Coba juga resep kue lainnya ya, Resep membuat kue bangket jahe, dan resep membuat kue ulang tahun yang mudah. Selalu kunjungi Tempat Online Ku, dan..

Salam Onliner's

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Cara Membuat Roti Abon Enak Ala Bread Talk