Blog Kumpulan aneka hidangan makanan tradisional indonesia cara membuat masakan dengan bahan praktis sedap dalam sekejap mudah dan enak.

Friday, May 9, 2014

Resep Dan Cara Membuat Kue Keciput Renyah aka Bola-Bola Wijen

Resep Dan Cara Membuat Kue Keciput Renyah aka Bola-Bola Wijen - akan membahas resep kue keciput enak dan cara membuat kue keciput renyah, Kue keciput, inilah kue yang sangat saya inginkan saat ini, maklum karena saya sedang ngidam. Mengingat rasanya waktu dulu sering beli kue keciput di kampung halaman, rasanya itu sangat renyah dan manisnya pas sekali, tapi kali ini karena saya sedang tinggal di kota lain, jadi mau  gak mau harus bikin sendiri resep kue keciput atau yang disebut juga sesame ball. Resep kue keciput juga biasa disebut dengan resep kue bola-bola wijen. Kalau di kampung halaman saya, kue keciput ini bentuknya agak lonjong kecil, tapi di resep kue keciput ini saya akan membuatnya menjadi bentuk bola-bola wijen. Di tempat kelahiran saya, kue keciput ini sangat populer. Apalagi saat lebaran, pasti di setiap rumah akan menyajikan kue keciput atau sesame balls. Waktu saya masih kecil, saya juga sering ikut membuat kue keciput di rumah budhe dan dirumah almarhumah mbah saya. Kali ini saya yakin pasti berhasil membuat resep kue keciput.

Resep Cara Membuat Kue Keciput Renyah aka Bola-Bola Wijen

kue keciput atau bola-bola wijen


Kue Keciput / Sesame Balls / Kue Bola-Bola Wijen


Bahan kue keciput :
75 gr Gula pasir
2 btr Telur ayam
200 gr Tepung ketan
1/4 sdt Garam
75 gr Wijen putih
minyak goreng, secukupnya

Cara Membuat kue keciput :
1. Kocok gula pasir dan telur sampai putih dan kental, lalu sisihkan.
2. Campur hingga rata tepung ketan dan garam dalam wadah, lalu tuang dengan adonan telur sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai menjadi adonan yang kalis dan dapat dibentuk. Bila perlu tambahkan sedikit air.
3. Bentuk adonan sebesar bola-bola kelereng, kemudian gulingkan adonan kue bola-bola ke wijen. Lakukan sampai adonan habis.
4. Panaskan minyak goreng. Gorenga adonan bola-bola yang sudah berlapis wijen tadi kedalam minyak panas, pastikan adonan terendam minyak. Gunakan api sedang untuk menggoreng.
5. Goreng sambil diaduk-aduk sampai menjadi kering dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat, tiriskan dan sajikan atau masukkan ke dalam stoples yang bertutup rapat.

Untuk 400 gr kue keciput atau kue bola-bola wijen

Tips Menggoreng kue keciput : 
Sebaiknya sobat onliners menggunakan 2 buah wajan. Jadi, sambil menunggu minyak yang barusan dipakai untuk menggoreng menjadi dingin lagi, sobat onliners bisa menggoreng dengan menggunakan wajan yang satunya. Setelah matang, ganti lagi dengan wajan yang minyaknya sudah dingin tadi.

Mudah kan membuat kue keciput ini. Jangan lupa baca resep yang lainnya juga ya, resep membuat kue lidah kucing pelangi atau rainbow lidah kucing, atau resep membuat kue untir-untir atau kue tambang variasi coklat. selalu kunjungi tempat online ku ya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Dan Cara Membuat Kue Keciput Renyah aka Bola-Bola Wijen