Blog Kumpulan aneka hidangan makanan tradisional indonesia cara membuat masakan dengan bahan praktis sedap dalam sekejap mudah dan enak.

Sunday, December 22, 2013

Resep Cara Membuat Kue Garpu Paling Renyah dan Gurih

Resep Cara Membuat Kue Garpu Paling Renyah dan Gurih
Resep Cara Membuat Kue Garpu
Paling Renyah dan Gurih
 
Resep Cara Membuat Kue Garpu Paling Renyah dan GurihKue Garpu ini biasanya ada di saat lebaran. Dan kue ini ternyata mempunyai nama atau sebutan yang berbeda-beda di setiap daerah. Misalnya di kota Kudus dan Semarang biasanya disebut Kue Klatak, itu karena bunyinya yg "kletak kletak" saat dimakan (dalam bahasa indonesia artinya "kriuk kriuk"). Ada lagi, di kota Tasikmalaya kue ini namanya Kekewukan karena bentuknya yang menyerupai kewuk atau siput. Ada juga yang menyebut dengan nama Kue Bawang, mungkin karena dalam pembuatannya ada yg suka menambahkan bawang goreng yang dihaluskan untuk menciptakan sensasi rasa bawang. Tapi untuk sebutan lebih mudahnya, berhubung cara mencetak kue ini pake garpu, jadi namanya adalah Kue Garpu. Lucu ya asal usul namanya. Selain unik, cara bikin kue ini gampang dan cepat lho... jadi, kue ini cocok juga untuk ngemil sore-sore sambil minum teh hangat atau kopi panas. wuiih..

Bahan :
300 gr Tepung terigu
30 gr Tepung Kanji
30 gr Mentega yang dilelehkan
1 butir Telur, dikocok lepas
1 sdt Kaldu bubuk
¼ sdt Garam (secukupnya)
1 batang Daun bawang / Seledri, diiris halus
500 ml Minyak untuk menggoreng
¼ sdt Baking powder (optional)

Cara Membuat Kue Garpu :

1. Campur sampai semua bahan menjadi rata tepung terigu, tepung kanji, kaldu bubuk, daun bawang / seledri iris, baking powder dan garam
2. Masukkan mentega cair dan aduk lagi hingga rata.

3. Tambahkan telur yang sudah dikocok, aduk kembali sampai adonan menjadi kalis.
4. Siapkan garpu, lalu ambil sedikit adonan sebesar ibu jari, kemudian tekan-tekan adonan pada punggung
garpu dan gulung sampai ujung garpu sampai berbentuk seperti kerang / kewuk dalam bahasa sunda. kerjakan sampai semua adonan habis.
5. Goreng dalam minyak panas sampai berwarna kuning keemasan tetapi dengan menggunakan api sedang, angkat dan tiriskan.

Menurut kalian kue garpu ini termasuk kedalam kue tradisional atau jajanan khas daerah apa bukan ya? Oh iya, sedikit info untuk sobat onliners yang suka bereksplorasi, kalian bisa mengubah kue kering ini menjadi kue kering dengan aneka rasa yang lain. Contohnya menambahkan bawang untuk menciptakan rasa dan aroma bawang, menambahkan keju untuk yang suka dengan makanan rasa keju, atau mungkin bagi yang suka pedas bisa menambahkan irisan cabe / cabe giling ke dalam adonan dan juga menaburkan perasa makanan yang pedas dan atau rasa yang lainnya. Jangan lupa baca resep lainnya ada Resep Cara Membuat Kue Nastar Keranjang, dan selalu kunjungi Tempat Online Ku untuk menambah informasi dan wawasan sobat onliner's semua ok..

Salam Onliner's

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Cara Membuat Kue Garpu Paling Renyah dan Gurih