Blog Kumpulan aneka hidangan makanan tradisional indonesia cara membuat masakan dengan bahan praktis sedap dalam sekejap mudah dan enak.

Friday, May 9, 2014

Resep Dan Cara Membuat Es Cendol Segar dan Mudah

Resep Dan Cara Membuat Es Cendol Segar dan Mudah akan membahas tentang resep es cendol dan cara membuat es cendol yang praktis dan mudah dan pastinya rasanya enak dan segar, Es cendol atau Es dawet biasa kita temukan dimana saja. Itu berarti es cendol ini begitu terkenal ya. Untuk menu minuman berbuka puasa kali ini resep es cendol bisa jadi salah satu menu pilihan utama. Selain resep es cendol ini mengunakan bahan-bahan yang aman, juga mengandung banyak gizi. Resep es cendol ini juga menyimpan banyak energi untuk kita, jadi cocok banget nih buat sobat onliners yang sedang menjalankan ibadah puasa. Es cendol juga seger dan mantap banget diminum saat cuaca panas terik. Langsung deh badan jadi segar lagi karena es cendol ini bernutrisi tinggi. Udah rasa haus hilang, kenyang juga, pokoknya nikmat dan enak banget ya.


Resep Cara Membuat Es Cendol Sendiri Segar dan Mudah

Es Cendol


Cara Membuat Es Cendol


Bahan Es Cendol :
100 gr tepung hunkwe
50 gr tepung beras
100 ml air daun pandan dan suji
600 ml air
1 sdt garam

Bahan Pelengkap Es Cendol :
5 buah daging buah nangka, potong dadu
100 gr tape ketan hitam
es batu, secukupnya

Bahan Sirup Gula Merah :
200 ml Air
500 gr gula merah
100 gr gula pasir
3 lbr daun pandan

Bahan Kuah Santan :
1500 ml santan
1 sdt garam
2 lbr daun pandan


Cara Membuat Es Cendol :
1. Campur sampai rata, tepung hunkwe, tepung beras, air daun pandan dan suji, air, dan garam. 
2. Siapkan air panas dalam wadah, kemudian taruh cetakan cendol di atasnya. Tuangkan adonan cendol secukupnya dan tekan-tekan sampai adonan keluar. Lakukan sampai adonan habis dan cendol matang.
3. Buat sirup gula merah dengan cara, didihkan air dan masukkan gula merah, gula pasir dan daun pandan, hingga air sirup gula merah tercampur rata dan agak kental.
4. Buat Kuah santan dengan cara, campur santan, garam dan daun pandan, masak hingga mendidih, sambil di aduk, jangan sampai santan pecah.
5. Siapkan gelas atau mangkuk, tata dan masukkan ke dalam gelas atau mangkuk 3 sdm cendol, 2 sdm nangka, 2 sdm tape ketan hitam. Beri es batu bagian atasnya, kemudian siram dengan sirup gula merah dan kuah santan. Sajikan secepatnya selagi masih dingin.

Untuk 8 orang

Tips membuat es cendol :
1. Kalau sobat onliners merasa kesulitan dalam membuat cendol sendiri, sobat onliners bisa membeli cendol yang sudah jadi di pasar ataupun supermarket. tapi harus di ingat, pilihlah cendol yang berbahan dasar alami dan tidak mengandung bahan kimia atau bahan-bahan yang bisa merusak kesehatan.
2. Untuk bahan baku, tidak harus nangka atau tape ketan hitam, tapi kalau sobat onliners menginginkannya, sobat onliners bisa menggantinya dengan bahan lain yang sobat onliners suka. Tapi, fungsi nangka disini adalah, selain menambah rasa, nangka juga menambah aroma es cendol menjaadi lebih segar dan nikmat.

Gimana sobat, membuat es cendol itu menyenangkan bukan. Dan yang pasti, sudah gak sabar nih pengen cepet-cepet minum es cendolnya. hahaha. Coba juga ya resep minuman yang lainnya, ada resep es cincau kelapa muda, yang rasanya manis, segar dan gurih. lalu ada juga resep es koktail buah segar.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Dan Cara Membuat Es Cendol Segar dan Mudah