Blog Kumpulan aneka hidangan makanan tradisional indonesia cara membuat masakan dengan bahan praktis sedap dalam sekejap mudah dan enak.

Thursday, July 7, 2016

Resep Dan Cara Membuat Ikan Bilis Pete Sambel Ijo Enak Mantap

Resep Dan Cara Membuat Ikan Bilis Pete Sambel Ijo Enak Mantap, Sajian hidangan masakan ikan bilis bisa anda hadirkan di tengah-tengah keluarga anda sebagai lauk makan siang ataupun makan malam.Ikan bilis kita tahu memiliki kandungan gizi serta nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh.Kandungan ikan bilis berupa kandungan protein yang sangat tinggi,dan sangat baik dikonsumsi bagi sang anak karena berpengaruh terhadap kecerdasan otaknya dan juga untuk pertumbuhan serta perkembangannya.Selain kandungan protein,ikan bilis juga memiliki kandungan omega 3,kalsium, kalium dll.Nah,bagaimana kalau sekarang anda mencoba masakan ikan bilis pete sambal ijo dengan ditambah petai akan menambah citarasa dari masakan ini namun tetap memiliki kelezatan yang enak kala disantap.
ikan bilis pete sambel ijo
ikan bilis pete sambel ijo

Bahan dan Bumbu

50 gram ikan bilis segar

2 papan petai

1 batang serai, geprek

1 ruas jari laos, geprek

3 buah daun jeruk (sobek-sobek)

Gula aren secukupnya

garam secukupnya

penyedap rasa secukupnya

minyak goreng secukupnya

air putih secukupnya

Bahan Bumbu Halus

5 buah bawang merah

3 siung bawang putih

10 buah cabai ijo besar

4 buah cabai rawit merah

2 buah tomat hijau

Cara Memasak

1.Yang pertama adalah ikan bilis rendam menggunakan air, diamkan sebentar. angkat dan tiriskan.

2.Setelah itu panaskan minyak goreng dengan menggunakan api sedang, kemudian goreng ikan bilis hingga kering, angkat dan tiriskan

3.Setelah itu petai juga di goreng hingga kering, angkat dan sisihkan.

4.Selanjutnya adalah wajan siapkan kemudian kasih minyak goreng sekitar 2 sendok makan, kemudian tumis bahan bumbu halus sampai harum, aduk rata.

5.Setelah itu masukan serai, kemudian laos, daun salam serta daun jeruk, aduk-aduk.

6.Setelah baru masukan ikan bilis yang sudah digoreng sebelumnya, kemudian masukan juga petai goreng, aduk merata. Kemudian tambahkan air dan juga garam secukupnya, setelah itu masukan penyedap rasa dan juga gula aren, aduk merata. Matang

7.Angkat dan siap disajikan.

Demikian Resep Dan Cara Membuat Ikan Bilis Pete Sambel Ijo Enak Mantap,menu ini dapat anda jadikan sebagai lauk untuk makan siang atau malam yang menggugah selera bagi keluarga anda.Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Dan Cara Membuat Ikan Bilis Pete Sambel Ijo Enak Mantap