Blog Kumpulan aneka hidangan makanan tradisional indonesia cara membuat masakan dengan bahan praktis sedap dalam sekejap mudah dan enak.

Tuesday, August 28, 2012

Resep Membuat Kue Sus Basah Vla Lembut Enak

Resep Membuat Kue Sus Basah Vla Lembut Enak
Kue Sus Basah Vla Lembut Enak
Resep Membuat Kue Sus Basah Vla Lembut Enak - Kue sus yang satu ini termasuk dalam golongan kue basah, sehingga beberapa orang lebih mengenalnya dengan kue sus basah. Resep Membuat Kue Sus Basah Vla Lembut Enak ini sangat mudah, cara membuat kue sus basah ini juga sangat simpel dan sederhana. Untuk itulah banyak orang yang suka membuat resep kue sus basah untuk disajikan dalam berbagai macam acara dan cemilan keluarga. Resep kue sus memang banyak variasinya, kue sus ini menggunakan juga resep kue sus vla, yang tentunya kue sus basah berisi vla yang lembut dan enak. Sehingga sangat pas juga untuk dinikmati bersama kopi panas, atau sambil minum teh, karena kue sus vla basah ini tekstur kulitnya sangat lembut dengan isi vla yang lumer dilidah.


Kue Sus Basah Vla Lembut Enak

Bahan Kulit sus basah :
1/2 sdt garam halus
250 ml air
125 gram margarin
125 gram tepung terigu protein sedang/cap segi tiga biru
1/4 sdt baking powder
4 butir telur ayam

Bahan Vla kue sus :
300 ml susu tawar cair
1/4 sdt garam
4 sdm tepung maizena
2 sdm tepung terigu
75 gram gula pasir
2 butir kuning telur
1/4 sdt pasta vanili
1 sdm mentega
1 sdm rum

Cara Membuat Kue Sus Basah Vla Lembut Enak :

Cara Membuat Kulit kue sus basah :
1. Didihkan air, masukkan margarin dan garam, rebus hingga mendidih. 
2. Masukkan tepung terigu perlahan-lahan sambil terus diaduk hingga terbentuk adonan yang rata, kental, licin, dan kalis atau tidak lengket di panci. Angkat, diamkan.
3. Setelah adonan menjadi hangat, masukan baking powder dan telur satu persatu sambil diaduk hingga adonan tercampur rata.
4. Tuang adonan ke dalam plastik segi tiga / piping bag yang bagian ujungnya telah diisi dengan sepuit bintang. 
5. Semprotkan adonan ke atas loyang yang sudah di oles margarin.
6. Panggang adonan di dalam oven yang bersuhu 200 derajat celcius hingga kue mengembang, matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat, sisihkan.
7. Potong sisi kue, isi dalamnya dengan vla. Hidangkan.

Cara Membuat Vla Kue Sus :
1. Larutkan tepung maizena, tepung terigu, gula dan garam dengan susu tawar cair, aduk hingga rata.
2. Masak sampai mendidih kemudian mengental dan matang. Lalu angkat, sisihkan.
3. Selagi masih panas, tambahkan mentega, vanili, kuning telur dan rum. Aduk sampai adonan vla rata. Lalu dinginkan. 
4. Vla siap digunakan untuk olesan isi kue sus.

Untuk 15 Buah

Tips Membuat Kue Sus Vla Basah agar sukses dan berhasil :
1. Jangan memasukan telur ketika adonan masih di atas perapian atau adonan masih panas. Karena bisa membuat adonan menjadi tidak akan mengembang karena telur menjadi matang saat dimasukkan. Lebih baik masukan telur ketika adonan sudah hangat atau suam-suam kuku.
2. Jangan membuka oven ketika adonan belum mengembang sempurna dan kokoh. Karena perubahan suhu secara drastis ketika oven dibuka akan mengakibatkan adonan turun dan menjadi bantat.


Gimana sobat onliners, sangat mudah kan membuat kue sus basah dengan isian vla yang lembut dan enak. Kalau kalian suka, kalian bisa memvariasikan isian vla juga lho, dengan pandan yang nantinya menjadi vla pandan, atau dengan campuran buah durian sehingga menjadi vla durian, bahkan dengan cokelat pun bisa kalau kalian suka, yaitu vla coklat. Jangan lupa coba resep lainnya ya, resep cara membuat kue pukis enak lezat atau mungkin coba resep membuat kue bolu cokelat lezat mudah atau coba juga resep kue sus lainnya seperti resep membuat kue sus kering isi coklat.




Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Membuat Kue Sus Basah Vla Lembut Enak